Ilmuan Muslim (1)

0
848

OLEH : Didi Hendi

Beritalangitan.com – Tulisan ini  diambil dari beberapa sumber berita online (website dan blog) yang dirangkum oleh penulis dengan kemasan singkat dan sederhana dengan tujuan memberikan informasi dan memperkenalkan tokoh – tokoh ilmuwan muslim untuk memperkaya khazanah keislaman kita sebagai seorang muslim serta menjadi motivasi buat generasi islam hari ini untuk lebih berprestasi dan memberikan kontribusi nyata yang bisa bermanfaat untuk seluruh manusia seperti telah dicontohkan oleh para ilmuwan muslim terdahulu yang karyanya sampai hari ini bisa dirasakan manfaatnya.

Saya berharap dengan disajikannya tulisan tentang ilmuwan muslim ini, bukan hanya menjadi nilai positif buat umat islam tetapi menjadi syiar untuk non muslim yang membaca dan pada akhirnya mengakui Islam adalah benar

Sungguh banyak bukti di hadapan non muslim tentang kebenaran islam. Penemuan ilmuwan muslim yang sebenarnyalah yang mengubah peradaban dunia, bukan eropa atapun orang barat.

Ini adalah fakta yang sudah ratusan abad ditutup-tutupi orang barat. Entah apa maksudnya, agar dunia membenci islam…? agar dunia menjauhi islam…?

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa beberapa penemuan yang mengubah peradaban dunia sebenarnya berasal dari para ilmuwan muslim. Para ilmuwan ini mempunyai kontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan merupakan temuan awal alias pertama kali di dunia sebelum dikembangkan atau dilanjutkan oleh ilmuwan barat lainnya. Penemuan-penemuan ilmuwan muslim ini sempat terlupakan oleh masyarakat dunia entah sengaja dirahasiakan atau apa.

Dengan memberikan informasi ini penulis ingin  memperlihatkan dan menegaskan kepada publik dunia barat agar mereka semua bisa “MELEK” tentang kontribusi besar peradaban ketimuran yang sudah ada 1000 tahun yang lampau jauh sebelum eropa “memamerkan diri“.

Sungguh teori-teori ilmuwan muslim yang canggih itu “dicontek” oleh ilmuwan barat. Meskipun eropa yang mengembangkan tapi itu tidak bisa dikatakan sebagai “Orang Eropa-lah yang menciptakan lebih dulu” sungguh jika tanpa teori dari ilmuwan muslim, dunia tidak akan pernah bisa di-maju-kan dan di-kembang-kan.

Inilah penemuan – penemuan ilmuwan muslim yang luar biasa:

1. Operasi Bedah

Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al-Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai sumber referensi medis pertama pada 500 tahun berikutnya.  Di antara sekian banyak penemuan, Al Zahrawi dilaporkan melakukan operasi caesar pertama di dunia. Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan. Banyak instrumen bedah modern didesain sama persis seperti yang pernah dirancang pada abad ke-10 oleh seorang ahli bedah Muslim bernama al-Zahrawi ini. Seperti pisau bedah, gergaji tulang, tang, gunting halus untuk bedah mata dan banyak dari 200 instrumen yang ia rancang akan kita kenali dalam peralatan kedokteran bedah modern.

Pada abad ke-13, medis Muslim lain bernama Ibn Nafis menggambarkan sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Dokter Muslim ini juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol dan jarum berongga untuk menyedot katarak dari mata, ini merupakan sebuah teknik luar biasa yang masih digunakan sampai sekarang. Subhanallah.

2. Kopi

Seorang Arab bernama Khalid sedang merawat kambing di wilayah Kaffa di Ethiopia selatan, ketika ia melihat binatang itu menjadi lebih bergairah setelah makan “kacang” tertentu. Ia merebus “kacang” untuk membuat kopi pertama. Jejak pertama pada abad ke-9 minuman kopi adalah terungkapnya “kacang” tersebut diekspor dari Ethiopia ke Yaman di mana para sufi meminumnya untuk tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa pada acara-acara khusus. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat (tamu pendatang) yang kemudian kopi pun disukai oleh seluruh kerajaan.

Pada abad ke-13 “kacang” yang disebut kopi tersebut tiba di Mekah dan Turki, dan barulah di abad ke-15 masuk juga ke Eropa tepatnya ke Venesia, Italia pada tahun 1645.

Kopi dibawa ke Inggris pada 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee yang membuka kedai kopi pertama di Lombard Street di kota London. Bahasa Arab kopi adalah “qahwa” pengucapannya menjadi “kahve” dalam bahasa Turki, maka di Italia karena orang barat sulit melafalkan bahasa arab maka disebut “caffe” dan kemudian bahasa Inggris disebut “coffee”.

Tulisan ini adalah seri bersambung, untuk penayangan kali ini diangkat 2 tokoh ilmuwan muslim terlebih dahulu, selanjutnya di penayangan berikutnya akan diperkenalkan tokoh ilmuwan lainnya seperti : Abbas ibn Firnas (penemu mesin terbang), Fatima al-Firhi (penemu universitas), al-Khawarizmi (penemu aljabar) dan masih banyak lagi penemuan – penemuan lainnya yang dihasilkan oleh ilmuwan muslim. Semoga bermanfaat. Wassalam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.