Indahnya Kampus Islami

0
725

Sebagai generasi muda islam yang merindukan kejayaan islam, kita wajib untuk mengubah pandangan orang terhadap islam. Kita tunjukkan bahwa islam itu adalah Rahmatan lil ‘alamin, islam adalah keindahan, islam adalah kedamaian, islam adalah persaudaraan, islam adalah persatuan. Untuk mewujudkan hal itu yang harus kita lakukan sebagai mahasiswa muslim adalah dengan menjadikan kampus tempat kita menuntut ilmu sebagai kampus islami yang kaya akan nilai-nilai islam.

Untuk mencari contoh-contoh universitas yang memberlakukan “kampus islami” ini bisa kita lihat seperti universitas-universitas muhamadiyah, atau universitas Al-Azhar misalnya, yang memang dari awal bertujuan mendirikan universitas islami, dimana mahasiswi-mahasiswi disana diwajibkan untuk memakai jilbab, berbeda dengan universitas-universitas di indonesia terutama negeri yang memang sejak awal didirikan tidak dikhususkan untuk menjadi universitas keagamaan.

Tidak perlu hawatir ada beberapa universitas negeri di indonesia yang mulai menerapkan sistem islami dalam lingkungan kampusnya, seperti Institute Pertanian Bogor (IPB). Mencontoh Sedikit Dari Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu universitas negeri yang sangat kuat nuansa islami-nya dibandingkan dengan universitas-universitas negeri yang lain. Saking kuatnya pengaruh islam di IPB, banyak orang yang menjuluki IPB sebagai Institut Pesantren Bogor. Para mahasiswi muslimnya bisa dikatakan hampir 90% memakai jilbab semua kecuali yang non-muslim, tetapi yang non-islam juga menyesuaikan diri dengan menggunakan busana yang sopan. Hebatnya lagi tidak ada kebijakan kampus yang mengharuskan mahasiswinya mengenakan jilbab. Para mahasiswa IPB selalu bersalaman dan mengucapkan salam bila bertemu, hal itu semakin menambah keakraban diantara mereka.

Rohis disana juga sangat aktif, bahkan tiap kelas memiliki Rohis masing-masing. Hukum-hukum islam juga sudah mulai diterapkan disana seperti pemisahan tempat duduk antara laki-laki dan perempuan saat kuliah. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) juga dijadikan mata kuliah wajib. IPB juga melakukan Mentoring sebagai asistensi mata kuliah PAI. IPB tidak pernah kehabisan kegiatan yang berhubungan dengan dunia islam, selain mentoring masih banyak kegiatan-kegiatan kerohanian yang lain seperti mengadakan pengajian.

Setiap kelas memiliki jadwal pengajian sendiri setiap minggunya dan biasanya dilakukan di pagi hari. Selain pengajian kelas, ada juga “Kajian Rutin” (KANTIN) dan KAFITA (Kajian Fiqih Wanita) yang dilakukan di sore hari. Selain pengajian, di IPB juga dilakukan kegiatan MOC (Management Of Change) semacam pemberian motivasi kepada mahasiswa. IPB memusatkan semua kegiatan kerohanian di Masjid AL-HURRIYYAH, masjid itu merupakan masjid kampus yang tidak pernah sepi dari kegiatan, banyak mahasiswa yang tidak hanya sekedar sholat saja disana, tetapi juga melakukan kegiatan mentoring, pengajian, diskusi, dan ada juga yang sekedar berkumpul dengan teman. Di lingkungan masjid juga banyak yang berjualan buku-buku islami. Masjid Al-Hurriyyah merupakan elemen penting dalam kegiatan rohani di IPB, ukurannya yang sangat besar (masjid kampus terbesar kedua di Indonesia) menjadikannya sebagai pusat kegiatan mahasiswa muslim di IPB.(ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.