Ini Dia, Disinfektan Alami yang Aman bagi Tubuh

0
490

beritalangitan.com – Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia, Bathara Surya Yusuf mengatakan bahwa cairan eco enzyme dapat menjadi pengganti cairan disinfektan alami yang amat bagi tubuh manusia.

“Seperti yang saya sudah pernah sampaikan, cairan eco enzyme itu manfaatnya sangat banyak. Seperti sekarang ini banyak yang menyemprotkan disinfektan ke jalan atau bahkan ke tubuh manusia, itu bisa berbahaya karena kalau cairan itu menyentuh kulit bisa mengalami iritasi,” ujar Bathara dilansir dari tribunmedan, Rabu (8/4/2020).

Cairan eco enzyme merupakan cairan hasil fermentasi limbah organik seperti kulit buah, sayur, yang kemudian difermentasikan dengan air dan induk gula (molase) selama kurang lebih 100 hari.

Bathara menambahkan, bahwa edukasi di masyarakat yang masih kurang menyebabkan cairan eco enzyme yang lebih ramah lingkungan masih belum diketahui oleh masyarakat.

“Ya karena tidak ada yang membuat viral, jadi kita terpaku hanya pada disinfektan konvensional yang pada dasarnya hanya untuk disemprot ke benda. Sementara eco enzyme kalau disemprot ke kulit tidak akan memiliki efek samping, malah dia membunuh kuman dan bakteri,” katanya.

Bathara juga mengatakan, perlunya informasi yang sehat dan positif serta akurat yang disampaikan ke masyarakat khususnya terkait virus corona.

“Makanya dibutuhkan penyebaran informasi yang edukatif dan akurat. Misalnya kalau disebarkan bahwa bilik penyemprotan itu tidak efektif menurut WHO, maka harus disampaikan juga solusinya,” ujarnya. (Rian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.