Ini Makna di Balik Gerakan-gerakan Shalat

0
56
foto ilustrasi

Penulis Annisa Nurul Hasanah 201916207

Beritalangitan.com – Setiap hari kita akan melakukan minimal lima kali shalat yang diawali dengan takbir dan ditutup dengan salam. Lalu adakah makna dibalik gerakan-gerakan shalat tersebut?

Syekh Imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits fi Syarhi Lubbabil Hadits telah menerangkan makna dibalik gerakan shalat sebagai berikut.

Makna mengangkat tangan ketika takbir adalah menunjukan bahwa seorang hamba itu seakan-akan tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan dan kemaksiatan. Oleh sebab itu, ia mengangkat kedua tangannya seakan ia mengatakan “Wahai Tuhanku, ambillah kedua tanganku, sungguh aku sedang tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan dan kemaksiatan yang telah lari dari-Mu dan ingin menuju-Mu.” Sedangkan bacaan (Al-Fatihah dan surah) adalah suatu teguran atau komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya.

Sementara itu makna ruku’ adalah seakan-akan seorang yang sedang melaksanakan shalat itu mengatakan, “Akulah hamba-Mu, dan sungguh aku telah menghamparkan tanganku kepadaMu.”

Adapun makna berdiri dari ruku’ disertai dengan mengucapkan rabbanaa lakal hamdu (Ya Tuhan kami, segala puji bagiMu) adalah suatu permohonan kepada Allah swt. agar dibebaskan dari segala dosa. Lalu Allah swt. seakan-akan berfirman, “Sungguh aku telah membebaskanmu dari segala dosa.”

Makna dari sujud yang pertama dan diletakkannya dahi di atas tanah adalah seakan-akan seorang hamba itu berkata, “Dari tanahlah Engkau menciptakanku.” Lalu makna mengangkat kepala dari sujud yang pertama adalah seakan-akan ia mengatakan, “Darinya (tanah) Engkau mengeluarkanku.” Kemudian makna sujud yang kedua adalah seakan-akan ia mengatakan, “Dan di dalamnya lah Engkau akan mengembalikanku (dikubur di dalam tanah ketika meninggal dunia)”. Dan makna bangun dari sujud yang kedua adalah seakan-akan ia mengatakan, “Dan darinya (tanah) Engkau mengeluarkanku lagi (dibangkitkan di hari Kiamat untuk dihisab).”

Adapun makna salam adalah doa “Ya Allah berikanlah aku catatan amalku dengan tangan kananku, dan janganlah Engkau memberikan catatan amalku dengan tangan kiriku.”

Demikianlah makna dibalik gerakan shalat menurut imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitabnya. Di mana setiap gerakan yang kita lakukan ketika shalat adalah mengandung unsur harapan dan doa kepada Allah swt. Oleh karena itu, hendaknya kita melakukan shalat dengan menghayati dan khusyu’ tidak terburu-buru. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

sumber : bincangsyariah.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.