Ini Penjelasan 5 Obat Hati Menurut Islam

0
143
foto Ilustrasi belajar mengaji

oleh : Hadi Mulyono

Beritalangitan.com– Seseorang yang baik tingkah lakunya, biasanya karena memang hatinya baik. Hati dalam hal ini bukan berarti segumpal organ tubuh, tetapi bagian dari hidup manusia yang dapat merasakan sedih, senang, gembira, serta perasaan lain. Hati juga merupakan tempat bersemayamnya iman seseorang.

Hati manusia sarat akan misteri. Belum tentu seseorang yang berpenampilan baik, maka hatinya juga baik, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia sangat dianjurkan untuk tidak menilai seseorang dari penampilan.

Dalam Islam, hati yang penuh misteri tersebut kerap menghadapi berbagai macam penyakit. Misalnya iri, dengki, hasad, takabur, ujub, riya, dan lain sebagainya. Tetapi, sebagai orang yang beriman tentu yakin bahwa segala penyakit ada obatnya, tak terkecuali penyakit hati.

Dalam surah Yunus ayat 57, Allah Swt berfirman:

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Yunus : 57)

Obat Hati dalam Islam dikenal lima perkara, berikut ini Obat Hati itu beserta penjelasannya:

  1. Membaca Alquran dan maknanya

Obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit hati yang pertama adalah membaca Alquran dan memahami maknanya. Dengan membaca Alquran, seseorang yang sedang merasa resah, gelisah, gundah, dan merana akan merasa lebih tenang.

Amalan Doa Agar Senantiasa Dilimpahkan Rezeki yang Halal

Zikir dan Doa Setelah Salat Jumat Agar Diberi Kesejahteraan

Allah Swt berfirman dalam surah Al-Isra ayat 82 yang artinya, “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

  1. Mendirikan salat malam

Mgid

Ramuan ini akan menghilangkan lemak perut Anda dalam 5 hari

Pelajar Indonesia menemukan cara untuk mengembalikan penglihatan!
Salat malam seperti tahajud memiliki banyak manfaat dan dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt. Bahkan, Doa yang dipanjatkan ketika salat malam dapat membuat seseorang merasa tentram, tenang, dan damai.

  1. Berkumpul dengan orang saleh

Dalam surah Al-Kahfi ayat 28, Allah Swt berfirman yang artinya: “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”

  1. Perbanyak berpuasa

Memperbanyak berpuasa artinya menambah ibadah puasa yang hukumnya sunah seperti puasa Senin Kamis, puasa Arafah, puasa Asyura, dan lain sebagainya. Puasa sangat ampuh mengobati penyakit hati karena pada praktiknya, puasa melatih diri agar dapat menahan lapar, haus, dan hawa nafsu.

  1. Memperbanyak Zikir malam

Zikir adalah mengingat Allah. Dengan demikian siapa pun yang selalu mengingat Allah tentu akan lebih dekat denganNya dan membuat hati terasa tenang dan damai.

Perintah Zikir ini terdapat dalam Alquran surah Al-Ahzab ayat 41 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, Zikir yang sebanyak-banyaknya.”


Sumber:Akurat.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.