IPB Kerahkan 654 Mahasiswa dan 43 Dosen Periksa Kesehatan Hewan Qurban

0
137

Bogor beritalangitan.com – Semangat kaum muslimin Indonesia dalam berqurban sangat luar biasa. Pada 2018 lalu, tercatat lebih dari 1,5 juta ekor dan diprediksi ada kenaikan jumlah di tahun 2019 ini.

Proses penyembelihan hingga pengurusan daging hewan qurban terikat pada syariat, jenis, usia, kondisi dan kesehatan hewan sedangkan di banyak tempat penyembelihan, tahapan ini dilakukan oleh masyarakat yang tidak terlatih, sehingga syarat syar’i tersebut menjadi tidak terpenuhi.

IPB University melalui Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sangat memperhatikan masalah ini. Melalui kerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan, IPB menerjunkan petugas pemeriksa kesehatan hewan dari FKH untuk membantu petugas pemerintah dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan dan daging qurban.

Rektor IPB University, Dr Arif Satria hari ini (8/8) melepas 654 mahasiswa dan 43 dosen FKH IPB University yang akan bertugas sebagai petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging qurban, di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan (Fapet) Kampus Dramaga, Bogor.

Para mahasiswa dan dosen yang bertugas akan diterjunkan ke beberapa lokasi antara lain Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu) serta wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Tangerang.

Dalam sambutannya Dr Arif mengatakan kegiatan ini merupkaan kegiatan yang sangat mulia yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan IPB University untuk pemeriksa kesehatan hewan dan daging qurban menjelang hari raya Idul Adha.

“Saya berpesan kepada mahasiswa FKH. Jadikan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Jadi ilmu yang dimiliki dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Profesionalisme dalam menjalankan tugas itu penting dalam rangka membantu masyarakat memeriksa kesehatan hewan dan daging qurban

Dan bekerja itu harus menjadi panggilan hati dan selalu senang serta mencintai, sehingga apa yang dikerjakan akan berbuah hasil yang maksimal,” ujar Rektor IPB University.

Melalui kegiatan rutin tahunan ini IPB University berharap dapat memberikan sumbangsih serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk membantu masyarakat melaksanakan ibadah qurban dengan baik dan benar. Yakni berqurban dengan hewan yang sesuai syariat.

(**/Zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.