IPB University Gelar Halalbihalal 1440 H

0
117

Bogor, beritalangitan.com– Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Halalbihalal Tahun 1440 H, Dengan Tema “Sucikan Hati, Genggam Silaturahim, Menuju Kemajuan Institusi”. Senin (10/6/2019) bertempat di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga.

Rangkaian acara diisi dengan Pembukaan oleh MC Haikal Saputra dan Zahra Zaahirah Abidin (Duta Institut), Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Muhammad Fathan Mubinan, Juara MTQ IPB Tahun 2018, Sambutan Rektor IPB & Grand Launching IPB UNIVERSITY, Ceramah Halalbihalal dan Doa KH. Haedar Nashir. Acara ditutup dengan ramah tamah.

Rektor IPB, DR. Arif Satria dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1440 H, Taqabbalallah minna waminkum minal aidin wal faizin, Semoga Allah menerima Amal ibadah kita semua, semoga kita kembali menjadi fitrah dan meraih kesuksesan.

Marilah di hari fitri ini kita renungkan kembali sabda Rasulullah Saw, bahwa “ada tiga sifat yang menjadi ciri kebesaran umatku:
• Pertama, hubungan tali persaudaraan dengan setiap orang termasuk orang yang membenci kamu.
• Kedua, tolonglah orang lain termasuk orang yang tidak pernah menolong kamu.
• Ketiga, maafkan orang lain walaupun kamu teraniaya dan terzholimi olehnya. Islam tidak pernah mengenal dendam.

Ummat Islam melalui Ramadhan telah digembleng dan dididik disiplin tinggi oleh Allah, ia pasti akan mampu dengan ijin-Nya untuk mengemban tugas membangun peradaban guna memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat dan bangsanya.

Lebih lanjut rektor memaparkan bahwa Pendidikan Ramadhan adalah media bagi kita untuk benar-benar menjadi umat terbaik. Hal ini karena pendidikan Ramadhan telah mengajarkan kepada kita sejumlah karakter mulia sebagai basis membangun kultur. Karakter mulia tersebut ialah Kejujuran, Kedisiplinan, Kepedulian, Kerendahan hati, Keikhlasan, Kesabaran dan Tawakal.

Enam karakter di atas sekaligus bersifat multidimensi, yaitu dimensi personal, interpersonal, institusional, dan komunal. Dinamika perubahan bangsa saat ini memerlukan enam karakter di atas. Marilah kita cita-citakan sebagai manusia yang mampu setidaknya memiliki enam karakter di atas untuk melengkapi status sebagai muttaqiin sebagaimana tujuan Ramadhan.

Dengan karakter yang baru sebagai muttaqin, yaitu manusia yang jujur dalam imannya, yang orietasinyanya semata mata untuk meraih Ridha Allah.

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir, Pimpinan dan Anggota MWA, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, Para Wakil Rektor, SI, Kepala Lembaga, Kakandiro, Kepala Pusat, Para Dekan dan Ketua Departemen, Muspida Kota dan Kabupaten Bogor,Para dosen, tenaga kependidikan IPB dan mahasiswa di lingkungan IPB University serta mitra-mitra kerjasama IPB.

Reporter : Badrussalam
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.