IPB University jalin Kerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia, Bantu Indonesia dengan ber Wakaf

0
387

Bogor beritalangitan.com – IPB University tanda tangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Penandatanganan MoU di lakukan secara virtual oleh  Prof Dr H Mohammad Nuh sebagai Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia dan Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria. Kamis 9/7/20

Rektor  mengapresiasi Wakaf Peduli Indonesia (Kalisa). Menurutnya Program BWI sangat membantu masyarakat terdampak COVID-19. “Ini merupakan gerakan solidaritas nasional.

Dengan ditandatanganinya MoU antara IPB University dan BWI, Rektor berharap IPB University bisa berpartisipasi lebih besar dalam hal wakaf nasional.

Rektor mengatakan, terkait wakaf, saat ini IPB University telah menjadi nazier wakaf. Posisi unit yang mengurusi wakaf tidak lagi sebagai unit penunjang, akan tetapi sebagai  sebuah badan yang setara dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Untuk itu, sebagai badan investasi dan pengelola dana sosial, komitmen besar IPB University untuk terus bekerjasama dengan BWI guna menghimpun dana wakaf masyarakat untuk berbagai kepentingan sosial. Terkait penanggulangan COVID-19 yang dikelola Crisis Center, IPB University sudah secara aktif membantu masyarakat. Diantaranya adalah bantuan kepada mahasiswa untuk menunjang kelancaran pembelajaran berupa bantuan pulsa.

“Meskipun lembaga wakaf IPB University relatif baru, kami akan terus belajar. Beberapa  hal yang harus diselesaikan diantaranya adalah adanya dua pengelolaan keuangan yaitu keuangan wakaf dan keuangan perguruan tinggi negeri badan hukum/PTNBH. Ini suatu tantangan, bagaimana bisa mengharmoniskan dengan pola governance yang lebih baik secara akuntabilitas transparansi yang merupakan suatu keniscayaan juga dapat memberikan trust yang lebih baik,” ucapnya.

Selain MoU, pada kesempatan yang sama juga dilakukan soft launching program Kalisa di kantor pusat Bank Jatim. Kalisa merupakan program untuk membantu memfasilitasi pengadaan sarana, peralatan dan obat-obatan serta menjadi jaminan perlindungan hidup bagi masyarakat ekonomi lemah yang terdampak COVID-19.

Reporter : Badrussalam

Editor : D.U

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.