Isolasi di Ruang Tertutup lebih Rentan Kena Virus

0
337

beritalangitan.com – Seseorang yang berdiam diri di dalam ruangan yang terlalu tertutup lebih rentan terinfeksi virus, karena sirkulasi udara yang tidak terjaga membuat konsentrasi virus semakin tinggi. Hal ini dikatakan Kepala Lembaga Biologi Molekuler EIjkman, Prof Amin Soebandrio dilansir dari Antara, senin (5/4).

Prof. Amin mengatakan, Organisasi Kesehatan Dunia sudah menyarankan penggunaan masker kain tiga lapis untuk mencegah penularan COVID-19, bagi mereka yang terpaksa harus keluar rumah karena satu dan lain kepentingan.

“Namun, penggunaan masker tidak menegasikan pembatasan kontak. Jarak antara orang satu dengan orang lain tetap harus dijaga,” katanya.

Prof. Amin menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir virus corona bisa menyebar melalui udara, karena tidak bisa terbang jauh dan hanya dapat keluar dari tubuh manusia dalam bentuk droplet, atau percikan-percikan yang mungkin muncul saat batuk, bersin, dan berbicara.

“Penyebaran corona melalui udara hanya mungkin terjadi apabila partikel tersebut berubah bentuk menjadi aerosol, dan ini tidak terjadi di sembarang tempat,” tuturnya. (sutis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.