Jalankan Sunnah Rasul, KAMMI Komsat Al Fattih Gelar Dauroh Memanah

0
119

Denpasar (Bali) – Memanah merupakan salah satu olahraga yang begitu digemari oleh pemuda muslim masa kini. Dalam suatu Hadist yang diriwayatkan Rasulullah SAW disebutkan “ Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” ( H R Sahih Bukari dan Muslim).

Berdasarkan Hadist tersebut, Organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al Fattih mengadakan Dauroh (Pelatihan) Memanah yang diselenggarakan pada Hari Ahad (14/1) 2018 berlokasi di Gor Al Banna School Jalan Tukad Yeh Ho II No 16 Panjer Denpasar, Bali.

Kegiatan Dauroh memanah bagi pemula ini diikuti oleh Mahasiswa dari berbagai Kampus negeri dan Swasta yang ada di Kota Denpasar dianataranya Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar, Kampus Universitas Udayana (UNUD),  Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Bali, Politeknik Nasionas (Polnas) Denpasar, dan Kampus Politeknik negeri Bali (PNB ).

Meskipun terlihat sebagai olahraga maskulin, namun jangan salah ternyata peminat dauroh memanah didominasi oleh kaum hawa. Dalam kegiatan dauroh memanah ini juga didatangkan pelatih pemanah professional  yang mengajarkan teknik-teknik dasar memanah. Di tempat latihan dauroh memanah disiapkan bantalan bidikan sasaran panah, beberapa busur, dan anak panah. Para peserta Dauroh memanah secara bergantian mencoba melesatkan anak panah dari jarak aman. Pada awalnya beberapa peserta nampak ragu dan kaku untuk mencoba belajar memanah. Pada akhirnya peserta Dauroh Memanah dapat menikmati  olahraga memanah ini.

Ketua KAMMI Komisariat Dewata yakni Latifah, SE yang ditemui disela-sela Dauroh Memanah, mengatakan bahwa tujuan diadakan agenda dauroh memanah adalah untuk menjalin uhkuwah  antara sesama mahasiswa muslim di Bali dan juga berupa menghidupkan sunnah olahraga memanah.

“Dauroh memanah selain menjalin uhkuwah juga menghidupkan olahraga yang disunahkan oleh Rasullullah. Kegiatan ini diadakan usai ujian akhis Semester jadi juga untuk menghilangkan stress dan bisa menjadi terapi untuk bisa lebih fokus dalam perkuliahan” ungkapnya

Sementara itu, Maya Ayu Purnama salah seorang peserta Dauroh Memanah yang diadakan KAMMI Komsat Al Fattih menagatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama ia mencoba dan sangat puas dengan anak panah yang berhasil mengenai sasaran.

“Seru dan sangat puas dengan kegiatan ini, baru pertama mencoba dan banyak anak panah yang bershasil mendekati sasaran, terimakasih untuk panitia penyelenggara yang menggagas kegiatan ini” tandasnya. (Dhani/CJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.