Jamaah membeludak padati Masjid Hagia Sophia untuk laksanakan Shalat Jum’at perdana

0
83

Beritalangitan.com – Hari ini Shalat Jumat pertama setelah 86 tahun diselenggarakan di Hagia Sophia, pada Jumat (24/7).

Awalnya Masjid Hagia Sophia direncanakan buka pada pukul 10.00 TRT (waktu Turki) atau sekitar pukul 14.00 WIB. Namun karena jamaah membeludak, pihak pengaman membukanya lebih awal pukul 09.00 TRT.

Dilansir dari SINDOnews, Jamaah Jum’at telah menunggu sejak subuh untuk masuk Hagia Sophia. Bahkan mereka menginap di jalan dan menumpuk di pintu masuk lapangan Hagia Sophia yang dibatasi ketat pagar pembatas.

Mereka mengucapkan takbir dan shalawat berjamaah. Untuk mencegah kerumunan lebih besar, pihak penyenggara membuka pintu lapangan Hagia Sophia lebih awal 1 jam dari rencana.

Lapangan Hagia Sophia sudah penuh oleh jamaah, sehingga area lain dibuka. Para jamaah duduk di lapangan dengan physical distancing sesuai protokol yang berlaku. Sesekali mereka berdiri mengumandangkan takbir dan berteriak, “dengan zikir, Hagia Sophia kami dibuka”.

Panitia Penyelenggara juga terus menerus mengingatkan jamaah melalui speaker yang terpasang di setiap sudut lapangan untuk memperhatikan protokol kesehatan. (ad).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.