Jemaat Gereja Dukung Komunitas Muslim Amerika

0
434

Beritalangitan.com – Warga Garden City di Kansas menggelar aksi mendukung komunitas Muslim lokal. Hal ini dilakukan usai insiden penangkapan milisi lokal atas rencana peledakan komplek apartemen Muslim.

Pendeta dari Gereja Presbyterian di Garden City, Denise Pass, ikut menyelenggarakan aksi untuk memberi dukungan bagi masyarakat Muslim yang mencari suaka ke AS. Aksi dukungan itu pun didukung masyarakat dan puluhan jemaat gereja Presbyterian.

“Ketika saya mendengar berita tragis ini, muncul ide di pikiran kalau kita sebagai anggota komunitas, harus mendukung dan melindungi komunitas Muslim lokal,” kata Pass seperti dilansir Al Jazeera, Ahad (23/10).

Tindakan beberapa kelompok rasis, lanjut Pass, tidak harus dianggap mewakili seluruh masyarakat, seperti melabel negatif komunitas Muslim. Komunitas Muslim juga diminta tidak mengambi hati bila ada kelompok rasis mengaitkan komuitas Muslim dengan aktivitas terorisme.

Senada, Mursal Naleye, Presiden Community Centre, mengaku berbesar hati dengan dukungan luar biasa masyarakat AS di Garden City. Neleye yang datang ke AS dari SOmalia, menegaskan para pencari suaka tidak terlibat pekerjaan apapun selain bertahan hidup.

“Kami benar-benar berterima kasih untuk semua orang yang ke luar mendukung dan melindungi kita, baik polisi, FBI dan masyarakat setempat,” ujar Naleye.

Sementara, Dr. John Birky yang ada di Koalisi Kesehatan Komunitas Finney di Garden City, mengungkapkan ancaman yang ia terima karena membantu pengungsi dan imigran belajar bahasa Inggris. Ia melihat banyak umat Islam di AS terancam, terutama usai fenomena Donald Trump.

“Jika saya seorang Muslim di AS saat ini, saya akan merasa sangat rentan dan sangat terancam, itulah mengapa penting bagi kita untuk membuat sikap di sini,” kata Birky.

Sumber : Khazanah/Republika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.