KA Cianjur – Bandung Lewat Tagogapu Atau Cilame? Ini Jawabannya

0
631

Cianjut, beritalangitan.com – Pengaktifan kembali jalur kereta api Cianjur – Bandung/Padalarang dinanti banyak kalangan. Saat ini jalur yang sudah aktif baru Cianjur – Ciranjang, sedangkan Ciranjang – Cipatat masih dilakukan perbaikan.

Pantauan beritakan hutan.com perbaikan dilakukan dengan mengganti bantalan besi dan kayu menjadi bantalan beton. Selain itu jenis rel pun diupgrade dai R33 menjadi R54.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat, Achyar Pasaribu, mengatakan pengerjaan reaktivasi Cianjur – Cipatat saat ini kurang lebih mencapai 75 persen. Rencananya jalur ini akan digunakan tahun 2020.

“Jalurnya masih sama seperti sebelumnya menggunakan single track kelandaian 23 permil,” paparnya saat dikonfirmasi melalui Humas BTP Jabar, Kamis (7/11/2019).

Jalur KA Ciranjang – Cipatat akan melintasi beberapa stasiun atau halte. Dari Ciranjang ada Stasiun Cipeuyeum, Halte Rajamandala, dan akhirnya Stasiun Cipatat. Setelah Cipatat ada Stasiun Tagogapu dan Stasiun Padalarang.

Studi Kelayakan Shortcut Cilame
Namun belum ada kepastian terkait jalur Cipatat – Padalarang. Apakah menggunakan jalur lama melewati Stasiun Tagogapu atau melintasi shortcut Cilame yang sudah direncanakan.

“Mengenai jalur Cilame Padalarang saat ini kita masih membuat studi kelayakan. Jadi belum bisa dipastikan apakah akan dibuat shortcut atau tetap lewat jalur Tagogapu seperti dulu,” tambahnya.

Dilansir dari Cianjur today

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.