Kegiatan Seru Ramadan 1436 H di Salman

0
774

Bandung, 13/6 (beritalangitan.com) – Ramadan yang akan tiba ini ialah saat yang tepat bagi umat Islam di Indonesia untuk berkaca pada sejarah. Sejarah yang menyatakan bahwa peradaban Islam pernah membawa kemakmuran bagi rakyat Indonesia.

Momen bulan suci ini diharapkan menjadi semangat bagi umat untuk selalu memperbaiki diri, mensucikan hati agar menjadi insan yang merdeka, berakhlak mulia, serta bermanfaat bagi semesta alam. Hati yang bersih itulah yang akan menjadi kunci dalam pembangunan Indonesia yang madani.

Berdasarkan landasan di atas, Masjid Salman melalui Panitia Pelaksana Program Ramadan (P3R) 1436 Hijriah mengangkat tema “Ramadan Nusantara; Sucikan Hati, Menuju Indonesia Madani”. Masjid Salman mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momen untuk berkaca dan memperbaiki diri, terus berbenah untuk menjadi manusia yang lebih baik, menuju Indonesia madani. Berikut program utama dan program pelayanan jemaah di Salman pada Ramadan 1436 H ini. Berikut seperti yang diberitakan http://salmanitb.com/:

1. Grand Opening Ramadan Salman | 13—14 Juni

Pembukaan akbar menjelang Ramadan di Masjid Salman ITB ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para jemaah dalam menyambut datangnya Ramadan. Terdapat beberapa rangkaian dalam acara ini, mulai dari acara Tablig Akbar yang akan diisi oleh Ketua MUI Kota Bandung K.H. Miftah Faridl (Sabtu, 13 Juni),  Pawai Ramadan (Funway)bersama warga (Minggu, 14 Juni), perlombaan Salman Mencari Bakat oleh perwakilan anak-anak masjid dan madrasah sekitar Salman, penampilan seni unit-unit kebudayaan dari ITB, serta pameran berbagai produk di halaman kompleks Masjid Salman (Sabtu—Minggu).

2. Makanan Berbuka Gratis | 1—30 Ramadan

Beberapa tahun terakhir, Masjid Salman rutin menyajikan hidangan berbuka gratis bagi jemaah. Ramadan kali ini, Masjid Salman akan menyiapkan makanan berbuka sebanyak1500 porsi setiap hari gratis, baikuntuk jemaah maupun masyarakat umum. Dengan variasi menu ala nusantara, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mencintai kekayaan kuliner yang ada di Indonesia.

3. Amal Sembako | Tanggal Tentatif

Naiknya harga kebutuhan pokok meresahkan masyarakat. Di bulan penuh kemuliaan ini, Masjid Salman mengajak berbagai kalangan untuk ikut berbagi kepada masyarakat Bandung yang membutuhkan, khususnya di sekitar Masjid Salman ITB.Bantuan dana dan barang untuk kegiatan ini dapat disalurkan secara langsung lewat Rumah Amal Salman ITB.

4. Ramadan On Kampus (RAOS) | 15 Juni—6 Juli

Tak hanya di masjid, Salman juga mengadakan beragam kegiatan dalam kampus ITB bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB. Misalnya Sepeda Takjil saat menjelang berbuka, ITB Berbuka yang akan mengundang Rektor ITB beserta civitas kampus lainnya, dan lain sebagainya.

5. Inspirasi Ramadan (IRAMA) | 18 Juni—7 Juli

Selama 20 hari Ramadan, Masjid Salman mengundang tokoh-tokoh untuk berbagi inspirasi sambil menunggu waktu berbuka. Amien Rais, Adian Husaini, Ahmad Mansur S (penulis buku Api Sejarah), dan berbagai nama lainnya akan hadir dalam acara IRAMA. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin Indonesia yang dekat dengan masjid.

6. Pondok Ramadan | 25—28  Juni

Masjid Salman juga mengadakan pembinaan rohani bagi para remaja muslim SMP dan SMA. Kegiatan ini dirancang dan dilaksanakan oleh P3R 1436 H yang bekerja sama dengan unit Keluarga Remaja Islam Salman (Karisma) ITB.

7. Sahur on The Road | 23, 30 Juni 2015 dan 7 Juli 2015

Tak semua orang bisa menikmati hidangan sahur, salah satunya mereka yang hidup di jalanan. Kali ini, Masjid Salman akan membagikan makanan sahur untuk berbagi kebahagiaan dan keberkahan Ramadan bersama mereka.

8. Lomba Menulis Nusantara untuk Muslimah | Deadlne: 25 Juni

Tulisan memiliki kekuatan untuk menggerakkan dunia. Melalui lomba menulis bertema “Manner in Action”, diharapkan tumbuh ide kreatif anak bangsa dalam bidang kepenulisan, khususnya para muslimah. Lomba ini bekerja sama dengan Unit Aksara Salman ITB.

9. Lomba Desain Busana Muslimah untuk Muslimah | Deadlne: 25 Juni

Busna muslim Indonesia memiliki nama tersendiri dalam kancah fesyen internasional. Melalui lomba ini, muslimah Indonesia diajak untuk menggali ide kreatif guna meningkatkan kekayaan busana muslim di Indonesia. Adapun syarat desain yang diikutsertakan dalam acara ini ialah desain busana muslimah yang sesuai syariat Islam (menutup aurat, longgar atau tidak ketat, dan tidak transparan).

10. Seminar Keputrian (JASMINE)| 28 Juni

Sejarah membuktikan bahwa di balik tokoh besar, ada perempuan hebat yang mendampinginya. Melalui seminar ini, Masjid Salman mengajak kaum perempuan untuk meningkatkan semangat perjuangan dalam membangun Indonesia madani. Pada acara ini akan hadir tokoh-tokoh perempuan Indonesia, seperti Dra. Khofifah Indar Parawansa (Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Kabinet Persatuan Inonesia), Hj. Netty Prasetiyani Heryawan (Istri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan), dan Nurhayati Subakat (Founder Wardah). Selain itu, akan diumumkan juga pemenang perlombaan menulis dan desain busana muslimah yang telah diadakan sebelumnya. (ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.