Kemenag Kota Sukabumi, “Bantuan untuk pesantren perlu ditingkatkan”

0
115

Sukabumi, beritalangitan.com – Pondok Pesantren merupakan lembaga strategis yang mencetak generasi Ulama, Saat ini tercatat ada 106 Pondok Pesantren yang masih beroprasi yang sebelumnya tercatat ada 114 Pondok Pesantren yang tersebar di 7 Kecamatan Kota Sukabumi.

Seperti di paparkan oleh H. Rizal Yusuf Ramdhani, S.Ag M.Pd Kepala Subag Tata Usaha Kemenag Kota Sukabumi. Saat berbincang dengan beritalangitan.com di ruangan kerjannya. Jum’at, (22/02/2019).

Peran serta Kemenag Kota Sukabumi terus berusaha memberikan perhatian lebih kepada perkembangan pesantren dan santri yang akan terus di tingkatkan, terutama yang berada di Kota Sukabumi.

“Pesantren menurutnya merupakan tempat membangun generasi yang lebih baik di masa depan”.

Menurut Rizal, Pesantren bisa juga dijadikan tempat bersilaturahmi antar umat Islam dalam berbagai kegiatan, saling menguatkan dalam keislaman dan persatuan umat.

“Dengan adanya pesantren, kita makin menguatkan ukhuwah Islamiyah. Pesantren mengajarkan bagaimana menguatkan dalam Islam,” kata Rizal Yusuf.

Rizal Yusuf menambahkan, anggaran bagi pesantren perlu ditingkatkan tidak hanya bantuan program indonesia pintar (PIP) untuk santri saja, sarana prasarana pesantren pun perlu penataan.

“Kasubag Tata Usaha di kemenag ini mengatakan dengan adanya peran serta pesantren akan melahirkan pemimpin agama di masa depan”

“Ke depan kita usulkan peningkatan anggaran untuk pesantren. Kami berharap masa depan bangsa bisa berkualitas,” tuturnya.

Rizal Yusuf juga mengajak orang tua untuk memasukkan anak mereka ke pesantren. Hal itu guna anak-anak bisa lebih mendalami nilai-nilai agama yang tidak didapatkan di luar pesantren.

Apalagi saat ini banyak pondok pesantren Mu’adalah yang disetarakan dengan SMA/MA, Walaupun pondok tersebut tidak mengikuti Kurikulum Kemdiknas (SD,SMP,SMA) atau kurikulum (MI,MTS,MA) akan tetapi alumni Pondok Mu’adalah dapat di terima (diakui) di perguruan tinggi bahkan perguruan tinggi luar Negri.

Rizal Yusuf juga ingin pesantren menyiapkan santri agar bisa memenangi persaingan. Tantangan global akan membuka persaingan untuk semua kalangan, tak terkecuali para santri.

“Santri perlu menjawab tantangan dunia global di masa depan,” ucapnya.

Reporter : Dedi Mulyadi
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.