Kementan Siapkan ATM beras bagi warga terdampak Covid-19

0
238
Mentan luncurkan ATM Beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin yang membutuhkan pangan selama masa pandemi virus corona, Jakarta, Rabu (22/4/2020).(Dokumentasi Humas Kementerian Pertanian)

beritalangitan.com — Kementerian Pertanian membuat mesin penyedia beras yang menyerupai mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Nantinya mesin tersebut difungsikan sebagai alat penyaluran bantuan berupa beras bagi seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Mesin ini hanya bisa diakses oleh masyarakat tidak mampu atau terdampak Covid-19 yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan di sekitar wilayah Kodim,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul menjelaskan, dalam sehari satu mesin menyiapkan beras minimal 1,5 ton untuk 1.000 orang. Dengan demikian, per orang mendapatkan bantuan beras kurang lebih 1,5 kilogram.

“Uji coba kita lakukan di Jabodetabek dan letaknya ada di Kodim. Untuk teknis nanti TNI membantu pendataan penerima dan pendistribusian beras,” katanya, seperti dilansir Republika, Jumat (24/4).

Sedangkan untuk lokasi ATM beras tersebut saat ini telah tersedia di delapan lokasi Komando Distrik Militer TNI Angkatan Darat. Yakni lima unit di DKI Jakarta, serta tiga unit lainnya di Bekasi, Tangerang, dan Depok. Dalam waktu dekat, penyedian ATM beras menyusul di dua Kodim wilayah Bogor. (rahmat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.