Kiat Sukses Jadi Muslimah yang Solehah

0
759

Ditulis ulang oleh: Ferry Qilan

Beritalangutan.com – Perempuan  merupakan kaum yang lemah dibandingkan laki-laki. Namun demikian, perjuangan yang telah dilakukan oleh perempuan, terkadang melebihi batas kesanggupan seorang pria. Seperti halnya saat seorang ibu melahirkan anaknya, atau ketika ibu membela mati-matian anak yang telah melakukan kesalahan. Semua itu hanya mampu dilakukan oleh seorang ibu yang memang kodratnya sebagai perempuan.

Di zaman yang serba modern ini, kaum perempuan telah berubah menjadi sosok yang independent karena dianggap sanggup mencari mata pencaharian sendiri.  Bahkan, beberapa  di antaranya melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan.

Dalam hal ini, yang menjadi penyebab utama adalah minimnya ilmu agama yang dimiliki oleh perempuan yang telah melupakan kodratnya. Tapi, tidak pernah ada kata terlambat bagi seseorang yang akan melakukan taubat. Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi wanita yang soleha?

Berikut kiat-kiat menjadi seorang Muslimah yang solehah:

1. Berhijab

Mulailah langkah awal dengan mengenakan hijab agar dapat menutupi semua auratnya. Bahkan sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang bersabda bahwa, “doa seorang wanita tidak akan diterima tanpa tutup kepala yang menutupinya”.

Maka berhijab adalah wajib hukumnya bagi kaum wanita muslim. Dalam Al Quran 33: 59-60 menjelaskan “ perempuan harus mengenakan hijab dan itu wajib sebagai kaum muslim,”.

2. Berpenampilan sopan

Muslimah yang baik seharusnya tidak mementingkan modis semata. Melainkan kesungguhannya untuk menutupi tubuhnya seperti rambut, tangan, lekukan badan dan juga kaki. Hal tersebut guna mencegah agar tidak terjadi hal-hal fitnah lainnya.  Sebaiknya, gunakan pakaian yang sopan, tidak terlalu ketat dan menonjol.

3. Salat lima waktu

Salat lima waktu dalam ajaran agama Islam, adalah wajib hukumnya. Berpikirlah ketika Anda berada di atas sajadah dan memohon ampun kepada Allah SWT, utarakan apa yang akan Anda ingin utarakan secara baik dan bermakna, karena itu akan melatih kita dalam bertutur bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

4. Rajin membaca Al Quran

Jika rajin membaca Al Quran dan maknanya, anda akan merasa bahwa semua masalah Anda terasa menjadi lebih ringan. Dan, Anda akan mengetahui betapa indahnya agama Islam. Terlebih kita akan merasa didekatkan kepada Allah SWT.

5. Banyak melakukan kegiatan agama

Dengan memperbanyak melakukan kegitan keagamaan, kita akan menambah pengetahuan bagaimana menjadi seorang Muslimah yang baik.

6. Jauhi pengaruh negatif

Hal yang perlu dipelajari adalah, memahami siapa yang ada disekitar anda. Apakah membawa pengaruh baik ataukah membawa sesuatu yang buruk. Jika memberikan dampak buruk, baiknya menjaga jarak agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang salah.

7. Memilih Imam yang baik

Banyak hadist yang mengatakan “pilihlah imam yang baik, agar dapat menuntunmu ke jalan Allah SWT yang dibenarkan,”. Itulah mengapa wanita muslim yang baik akan memilih imam yang baik agamanya, baik akhlaknya dan baik perbuatannya.

Dengan melakukan hal diatas, seorang perempuan akan menjadi Muslimah seutuhnya. (Yd)

Kontributor beritalangitan.com Bandung

sumber: Aktual.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.