LDK UKDM (Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa) Universitas Pendidikan Indonesia

0
1067

Karena Islam Milik Kita Semua

LDK UKDM (unit kegiatan dakwah mahasiswa) merupakan salah satu UKM yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Khusus bergerak di bidang dakwah yang sudah hampir 24 kali regenerasi dari tahun 1990.

Latar belakang terbentuk UKDM adalah dari peristiwa demo tentang pelarangan penggunaan Jilbab di berbagai satuan pendidikan termasuk salah satunya di perguruan tinggi IKIP Bandung (UPI kala itu). Hal ini memicu penolakan dari mahasiswa Islam. Kemudian terjadilah demo besar-besaran mahasiswa se-Bandung Raya yang salah satu pusatnya di IKIP Bandung. Selepas peristiwa demo tersebut, tercetus ide untuk menggabungkan berbagai Rohis Fakultas menjadi satu UKM keIslaman se-IKIP Bandung yang kemudian diberi nama Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa (UKDM).

Sebagai mobilisator dalam menyampaikan kebenaran tentunya tidak akan lepas dari halang rintang sebagai sunatullah. Salah satu halang rintang tersebut pasti akan ada orang yang tidak suka secara konstitusi (al-quran) terhadap islam.

247

Galih Kurniawan (Ilmu Komunikasi 12 / FPIPS) – Ketua UKM UKDM 2015 – 2016

“Menyikapi tantangan berat itu kita ikuti saja cara pandang rasullulah, apabila ada orang yang tidak suka jangan kita balas dengan memusuhi, memarahi, justru harus sebaliknya dengan hikmah dan teladan karena mereka objek dakwah kita juga”, kata kang Galih Kurniawa n(Ilmu Komunikasi 12 / FPIPS) selaku ketua UKM UKDM 2015 – 2016 yang kemarin ditemui team beritalangitan.com di Masjid Alfurqon (Islamic center upi), rabu 22 April 2015.

Rintangan yang lain datang dari isu – isu negative yang mempengaruhi perspektif orang awam terhadap islam, “Kami menyikapi kendala tersebut dengan membangun emosional terlebih dahulu, pendekatannya dengan sedikit – sedikit memahamkan islam dengan penyajian menarik agar bisa diterima dengan baik”, tambah teh Sarah Islamiyah (Pend. Luar Sekolah 2012) selaku KABID Media UKDM UPI.

248

Grand Opening “Warung S-Krim” yang diselenggarakan oleh LDK UKDM UPI (18 Maret 2015)

Solusi yang dilakukan untuk mengatasi berbagai persoalan perkembangan Dakwah, UKDM mengadakan berbagai kegiatan yang menarik sebagai jembatan tersampaikannya Dakwah, salahsatunya kegiatan Warung S-Krim (WAktunya ngaRiUNG Sembari Kajian Rutin KeIslaMan), yang menarik dalam kegiatan ini peserta kegiatan mendapatkan voucher free 1 cup ice cream  yang dapat ditukarkan di Soft Ice Cream “Pelangi” yang berlokasi di Geger Kalong dekat Masjid DT dan dekat Warung Juice

Ditanya tentang situasi masyarakat islam pada sekarang ini, kang Galih Kurniawan mengatakan, “Bila dilihat dari indikator islam adalah alquran dan assunah, situasi masyarakat islam sekarang ini tentunya jauh sekali dari indikator tersebut, ini akan menjadi PR bersama untuk kita semua selaku Subjek Dakwah”, tutup beliau (team beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.