Makmurkan Masjid UMY, Takmir adakan Ramadhan di Kampus

0
1433

Yogyakarta, 26/6 (beritalangitan.com) – Kegiatan rutin untuk mengisi ramadhan di kampus selalu identik dengan mengadakan berbagai agenda keagamaan, ini selalu menjadi ciri khas di berbagai kampus selama bulan ramadhan. Masyarakat lebih banyak mengenalinya dengan istilah RDK (Ramadhan di Kampus). Seperti halnya di berbagai kampus-kampus lain, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga rutin mengadakan kegiatan RDK yang langsung melibatkan masyarakat sekitar kampus. Kegiatan rutin selama ramadhan tersebut, setiap tahunnya diselenggarakan langsung oleh pihak takmir masjid KH. Ahmad Dahlan UMY dengan melibatkan aktivis mahasiswa dan didukung dari berbagai elemen.

Untuk mendukung acara tersebut, tentu membutuhkan berbagai kerjasama, selain dari pihak internal juga dibutuhkan kerjasama dari pihak eksternal. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua panitia RDK, Azwar Khalid saat ditemui di masjid KH Ahmad Dahlan, UMY, pada Kamis (25/6) yang mengungkapkan bahwa, RDK untuk tahun ini bekerjasama dengan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) serta Mangrove Printing.

Azwar juga mengungkapkan, dalam penyelenggaraan RDK tahun ini tidak berbeda dengan tahun lalu. Hanya saja untuk tahun ini agenda RDK lebih dipersempit dari tahun lalu. “Tahun kemarin RDK mengadakan 15 macam agenda, namun untuk saat ini lebih dipersempit menjadi 8 agenda. Pengurangan berbagai agenda untuk tahun ini bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan mengingat acara yang terus menerus secara berurutan, serta berkurangnya panitia, dikarenakan sebagian panitia mudik sebelum acara selesai,” ungkapnya.

Kedelapan agenda yang diadakan oleh RDK UMY mencangkup, lomba menulis yang diadakan pada tanggal 31 Mei, Tabligh Akbar yang telah diadakan minggu lalu dalam rangka penyambutan awal Ramadhan pada tanggal 16 Juni, Khitanan Massal yang telah diselenggarakan pada 14 Juni, buka puasa bersama setiap harinya dengan diawali kajian sore, lomba CERDAS yang akan diselenggarakan pada tanggal 27-28 Juni dengan diikuti oleh anak-anak usia 4 hingga 12 tahun. “Khusus untuk lomba CERDAS, terbagi ke dalam 6 kategori sesuai batas usia, keenam jenis perlombaan yaitu lomba Tahfidz untuk usia 4-12 tahun, lomba kaligrafi untuk usia 8-12 tahun, lomba Pildacil bagi usia 5-9 tahun, lomba CCA untuk usia 8-12 tahun, lomba adzan bagi usia 8-12 tahun, yang terakhir yaitu lomba mewarnai bagi usia 6-10 tahun,” jelasnya.

Azwar juga menambahkan, RDK juga mengagendakan untuk bazar sembako murah yang akan diadakan pada tanggal 5 Juli, sahur on the road, serta buka bersama untuk 1000 anak yatim. “Untuk bazar sembako pihak kami menyediakan sekitar 100 sembako murah yang ditujukan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu. Sahur on the road rencana akan kami adakan 2 kali. Sebelumnya telah diadakan pada hari Ahad kemarin, yaitu pada tanggal 21 Juni dan selanjutnya diadakan pada tanggal 5 Juli mendatang. Target Sahur on the road yaitu sekitar stasiun tugu, alun-alun utara (altar), dan alun-alun kidul (alkid). Makanan untuk sahur yang akan dibagikan, kami utamakan bagi tukang becak ataupun gelandangan,” tambahnya.

Dari berbagai rangkaian agenda RDK tersebut, tentunya terdapat agenda yang ditonjolkan supaya menarik perhatian masyarakat sekitar. Sebagai pembuka, pada 16 juni lalu RDK UMY telah menghadirkan Prof. Dr. Amien Rais dalam acara Tabligh Akbar dengan mengusung tema “Bulan Ramadhan sebagai momentum pembinaan umat menuju peradaban Islam yang sebenar-benarnya”. Dalam penuturan Azwar, selain di pembukaan menghadirkan tokoh besar tersebut, untuk penutupan agenda RDK yang nantinya menghadirkan buka puasa bersama 1000 anak yatim di Sportorium UMY. Diacara tersebut akan mengundang Rektorat UMY beserta jajarannya, seperti para wakil rektor, beserta dekan-dekan fakultas. “Pada acara 1000 anak yatim ini juga insyaallah akan dimeriahkan oleh pildacil ANTV juara II tahun lalu,”tutupnya. Berikut seperti yang dilansir www.umy.ac.id (Ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.