Manfaat Garam Bagi Tubuh

0
927
garam
garam

Beritalangitan.com – Banyak orang selama ini menyarankan kurangi asupan garam dalam makanan agar menghindari tekanan darah tinggi. Memang benar, tapi bukan berarti kita jadi takut konsumsi garam.

Garam sebenarnya juga bermanfaat bagi kesehatan, karena dapat mengatur banyak fungsi dalam tubuh tanpa kita sadari. Garam juga dikenal sebagai natrium klorida, yang membantu fungsi kelenjar tiroid dan juga mengontrol berat badan.

Berikut manfaat garam untuk tubuh manusia, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Menurunkan berat badan

Mengambil garam dalam jumlah yang disarankan dalam makanan, akan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti kalori yang terbakar akan meningkat. Makanan tidak disimpan sebagai lemak, tetapi akan dimanfaatkan untuk keperluan energi. Garam juga menurunkan kadar kortisol, dan dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan.

Meningkatkan fungsi tiroid

Garam dapat meningkatkan pembentukan dan sekresi hormon tiroid T3 dan T4 dari kelenjar tiroid, sehingga mencegah hipotiroidisme. Garam mencegah sekresi hormon stres, kortisol, yang berbahaya bagi kelenjar tiroid.

Mencegah diabetes

Garam yang terkandung dalam tubuh mengontrol dan menormalisasi kelebihan kadar gula dalam darah dengan membuat kerja insulin secara efektif.

Membantu tidur lebih baik

Garam meningkatkan metabolisme dan mencegah sekresi hormon stres dalam tubuh. Hal ini membantu dalam relaksasi pikiran dan tubuh. Dengan demikian Anda bisa mempunyai tidur malam yang baik. Kebanyakan orang yang mempunyai diet rendah garam mengeluh kurang tidur. (st)

Sumber : viva.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.