Masjid Nasional Malaysia, selenggarakan Shalat Jum’at Kembali

0
109
Petugas masjid melaksanakan salat Jumat dengan menerapkan jaga jarak aman saat Ramadan di Masjid Negara Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (15/5/2020). Pemerintah Malaysia mengizinkan salat berjemaah di masjid setelah sebelumnya dilarang karena pandemi virus corona COVID-19. (Mohd RASFAN/AFP)

beritalangitan.com – Masjid Nasional Malaysia mengadakan shalat Jumat kembali untuk pertama kalinya sejak perintah menerapkan aturan pembatasan sosial pada 18 Maret lalu. Sholat Jumat tersebut dipimpin oleh Imam Masjid Nasional Ustadz Ehsan Mohd Hosni.

Ustadz Ehsan menjelaskan, Jamaah Jum’at wajib memenuhi prosedur kesehatan jika ingin ikut sholat Jumat seperti mengenakan masker dan membawa sajadah pribadi. Jamaah juga dicek suhu tubuh di pintu masuk Masjid. Setelah masuk ke dalam, pengurus Masjid sudah membuat batas jamaah agar tidak berdekatan. Setidaknya mereka diberi jarak semeter.

“Pengurus Masjid membatasi sholat Jumat sekarang hanya untuk staf dan yang tinggal di sekitar Masjid. Ini akan berubah jika krisis kesehatan sudah berlalu,” ujar Ustadz Ehsan, seperti dilansir dari Republika, jum’at (15/5).

Kebijakan tersebut membawa kebahagiaan bagi Muslim di sekitar Masjid Nasional Malaysia yang selama ini tidak bisa menunaikan shalat Jum’at.

“Perasaan yang sulit diungkapkan, setelah delapan pekan tidak shalat Jumat. Tidak masalah jika harus mengenakan masker dan menjaga jarak di Masjid.” kata Ahmad.

Sebelumnya, Menteri Agama Malaysia Datuk Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri mengizinkan Masjid dan Mushola di wilayah minim penularan corona untuk mengadakan shalat berjamaah. Syaratnya memenuhi prosedur kesehatan dan jumlah jamaah tak boleh lebih dari 30 orang. (aden)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.