Massa Sukalarang tuntut Pemkab aktifkan PT Darma Usaha

0
82

Sukabumi, beritalangitan.com – Ratusan Masyarakat Sukalarang Sukabumi melakukan aksi unjuk rasa meminta pemerintah Kabupaten Sukabumi agar membuka kembali PT. Dharma Usaha Mas Tunggal.

Yaitu Perusahaan tambang yang beralamat di Kampung Panarosan RT 2 RW 7, Desa Cimangkok, Kecamatan Sukalarang, aksi ini dilakukan di depan pendopo Kabupaten Sukabumi. Kamis, (18/01/2018)

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Sukabumi Adi Purnomo mengungkap alasan ditutupnya operasi tambang pasir PT Dharma Usaha Mas Tunggal, di Sukalarang dan Cimangkok.

Menurutnya “PT DU bukan diberhentikan, tetapi izinnya sudah habis. Kalau izinnya habis mereka masih beroperasi, itu berarti melanggar aturan. Makanya ada surat pemberitahuan,” ujarnya Adi kepada awak media seusai beraudiensi dengan masa aksi.

Menurut Adi, Izin tambang PT DU habis pada 18 Desember 2017 lalu. Maka dari itu perusahaan ini tidak boleh melakukan aktivitas pertambangan.

PT DU bisa melakukan penambangan apabila mendapatkan surat perpanjangan izin usaha pertambangan (IUP) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dan pengeluaran kebijakan izin pertambangaan saat ini merupakan kewenangan pemprov.

“Tinggal ke provinsi saja mengajukan perpanjangan izin pertambangan,” ungkapnya.

Adi menambahkan, perpanjangan IUP harus dibuktikan dengan masih adanya deposit mineral di area tersebut. “Kalau tidak ada deposit mineral, terus izin pertambangan itu buat apa. Jadi proses perpanjangan izin itu harus disertai dokumentasi masih adanya kandungan mineral,” tandasnya.

“Jadi kewenangannya ada di Pemprov, kami tidak bisa tiba-tiba mendikte gubernur. Intinya sesuai peosedur dan aturan,” tutur adi.

Sejauh ini, Pemkab Sukabumi hanya berupaya mengikuti aturan saja. Bupati Sukabumi sudah membuat surat untuk ditujukan ke pemrpov. Adi menekankan, surat dari bupati tidak memihak pada siapapun, baik yang pro dan kontra.”pungkas nya

Reporter : Andriansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.