Memahami Takdir Melalui Kajian Al Hikam Ponpes Daarul Ummah

0
180

Cianjur, beritalangitan.com – Kajian Al-Hikam Ponpes Daarul Ummah kembali digelar ahad (20/10/2019). Kali ini Hikmah yang diangkat adalah pasal 22 yang berbunyi “Tiada suatu nafas terlepas dari padamu, melainkan di situ pula ada takdir Alloh yang berlaku atas dirimu.”

Dalam penjelasannya, Ust. Didin Syafrudin, selaku pemateri menjelaskan bahwa Takdir kehidupan manusia telah Allah tetapkan sesuai kadar kemampuannya. Setiap helaan nafas manusia telah Allah tetapkan takdirnya. Baik takdir bagus maupun takdir buruk.

Hanya saja Allah hanya menghendaki takdir yang baik bagi manusia. Adapun ketika manusia mengalami takdir buruk, itu dikarenakan manusia salah dalam menjawab kehendak Allah. Paparnya

Ustd. Didin menekankan, tak perlu kita terlalu memikirkan takdir kita. Yang penting teruslah dalam kondisi taat, jauhi yang berseberangan dengan kehendak Allah. InsyaAllah hati kita akan lebih tenteram dalam menjalani kehidupan.

Ciri manusia yang telah mengimani qadha dan qadar secara baik adalah memiliki sikap yang sama saja, baik ketika mengalami takdir baik maupun takdir buruk.

Kegiatan ini pun disemarakkan dengan bazaar muamalah yang sebagian besar diisi produk-produk jama’ah Ponpes Daarul Ummah.

Bagi jama’ah yang membawa serta anak-anak, panitia menyelenggarakan pojok edukasi anak, berupa belajar melukis dan permainan edukatif. Kegiatan ini bermaksud memberikan kondisi yang kondusif dalam kajian Al-Hikam, dengan mengkonsentrasikan anak-anak dalam kegiatan yang sesuai dunianya. Sehingga tidak mengganggu pengkajian Al-Hikam.

Di tempat yang sama ketua BIsNet, Drs. Deni Husnaeni S.Ag, menyampaikan banyak terima kasih kepada semua mustami’ maupun donatur yang telah berpartisipasi aktif dalam suksesi kegiatan kajian ini. Karena atas donasi yang diberikan, yayasan melalui lembaga binaannya, Ponpes Daarul Ummah, kembali dapat menggelar pemberian santunan anak yatim di masyarakat sekitar pesantren.

Reporter: Ade sutisna, Rian Sagita

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.