Mencicipi Sambal Honje, Cita Rasa Pedas Ala Sunda

0
270

beritalangitan.com – Sambal adalah sajian menu pedas yang menjadi pelengkap hidangan untuk menambah gairah makan. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan gula.

Kali ini beritalangitan.com melipir ke salah satu UMKM di Cianjur yang memproduksi serba olahan Kecombrang, salah satu produknya adalah Sambal Kecombrang. Gonze namanya, yang beralamatkan di Jl. KH. Ahmad Munawar Blok A1 No. 15 Warungkondang Cianjur.

Kang Dhidiek Mutakin selaku Owner menceritakan bagaimana awal mulanya usaha tersebut. “Gonze ini bermula dari keprihatinan kita terhadap para petani Kecombrang, mereka menjual kepasar namun tidak laku karena kurang peminat, akhirnya kami borong semua”, ungkap Kang Dhidiek membuka pembicaraan, Selasa (25/5).

Seiring berjalannya waktu, Gonze yang awalnya memproduksi olahan kecombrang menjadi sambal saja, kini dikembangkan menjadi Snack, Acar, Abon dan Teh Kecombrang.

“Tantangan yang terbesar saat merintis usaha ini, kami harus mengedukasi calon konsumen tentang manfaat kecombrang, sedangkan kondisi masyarakat sudah modern yang notabeni sudah tidak melirik lagi makanan-makanan tradisional”, jelas nya.

Kang Dhidiek mengatakan bahwa konon katanya Orang baduy memanfaatkan kecombrang ini untuk obat-obatan, makanan, antiseptik mandi, karena kecombrang memiliki kandungan antioksidan, antibakteri yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

“Kami ingin usaha ini ada manfaat untuk masyarakat sekitar dan lingkungan, bersinergi dengan para petani yang asalnya kesulitan dalam menjual hasil kebunnya, kini mereka terbantu. Bisnis ini adalah wasilah untuk mendekatkan kepada Allah SWT”, tutup Kang Dhidiek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.