Menjadi Isteri Pembawa Kebahagiaan

0
534
(Foto: Ilustrasi/google.com)

Oleh : Khansa

Beritalangitan.com – Jika kita benar-benar ingin menjadi isteri yang membawa kebahagiaan dunia dan akhirat, marilah kita kenali sifat-sifat isteri tersebut.

Yang pertama yaitu shalehah, Rasulullah SAW bersabda : “Setelah ketakwaan, tidak ada sesuatu yang lebih baik lagi dari seorang laki-laki daripada isteri salehah. Jika dia melihat isterinya, isterinya itu menyenangkannya; jika dia menyuruh, isterinya itu mematuhinya; jika dia memberi, isterinya itu berterima kasih; jika dia pergi, isterinya itu menjaga diri dan hartanya.” (HR. ibnu Majah)

Sifat terpenting yang dicari laki-laki pada seorang perempuan adalah mulia, menjaga diri, dan beragama.

Rasulullah SAW bersabda : “wanita dinikahi karena 4 hal; harta, kecantikan, kehormatan, dan agamanya. Pilihlah wanita yang beragama pasti engkau akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua yaitu akhlak mulia, Rasulullah SAW bersabda: “Akhlak mulia membuat seorang mukmin mendapatkan derajat yang sama dengan derajat orang yang rajin shalat sunnah di malam hari dan puasa sunnah di siang hari.”  (HR. Abu Dawud)

Akhak mulia adalah tanda keimanan yang membuat isteri tidak akan menyakiti suami karena dia mengetahui bahwa berhias dengan akhlak mulia dan menjauhi akhlak tercela adalah ibadah yang paling utama di hadapan Allah.

Ketiga yaitu keturunan, ada gadis shalehah dan berakhlak baik, padahal orangtuanya tidak terhormat. Apakah gadis ini tidak pantas dijadikan menjadi isteri?

Allah SWT berfirman, “Seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa yang lain”. (An-najm:38)

Kemudian seorang wanita juga harus berpendidikan, cerdas, dan pandai mengurus rumah tangga. Berpendidikan dalam artian memahami ilmu-ilmu agama.

Wanita yang tidak mengerti makna kata-kata yang dia ucapkan, dan melontarkan secara sembarangan, cepat atau lambat pasti memanen hasil buruk dari hal tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.