MENYEPELEKAN KESEHATAN GIGI, DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN

0
854

Oleh : Shafiyah

Beritalangitan.com – Gosok gigi (Bersiwak) adalah salah satu upaya kita untuk menjaga kesehatan , karena dengan upaya tersebut di harapkan gigi dan mulut akan terjaga. Tetapi Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa sakit gigi yang mereka derita bisa memicu penyakit yang sangat berbahaya bahkan sampai menyebabkan kematian, dari beberapa informasi yang saya cari juga di buktikan dalam studi penelitian di Amerika Serikat (AS) yang menyatakan adanya hubungan penyakit gigi dengan penyakit jantung koroner, aterosklerosis, pneumonia, diabetes dan kelahiran prematur. Salah satu dari penyakit berbahaya tersebut telah di setujui oleh hasil riset dari ahli diabetes dan gigi di inggris walupun perlu penelitian lebih dalam lagi.

Masalah utamanya adalah sebagian besar orang selalu menyepelekan gosok gigi sebelum tidur padahal Rasulullah Swt telah menegaskan penting nya menjaga gigi dan mulut, para ulama pun menegaskan menggosok gigi (bersiwak) sangat di sunnahkan pada 3 situasi diantaranya :

  1. Ketika hendak melaksanakan shalat
  2. Ketika bangun tidur
  3. Dan ketika mulut terasa bau

Rasulullah SAW Bersabda dalam sebuah hadits :

Bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda ia: Seandainya tidak memberatkan aku ke atas umatku nescaya aku perintahkan mereka dengan bersiwak (hadits riwayat al-Bukhari). Menggosok gigi ( Bersiwak ) ketika berwudhu sangat di anjurkan dalam islam , barang siapa yang bersiwak ketika berwudhu maka akan lebih sempurna dan lebih pahalanya di sisi allah Swt. Dan menurut informasi yang saya cari juga, bahwa Al-Imam Asy-Syaukani menyimpulkan dalam kitab nya Nailul Authar “Bersiwak Hukumnya Sunnah Mu`akkdah” ( Sunnah yang sangat di tekankan ).

Ketua Umum PDGI, drg Emir M Muis menyatakan, ada banyak penyakit yang berawal dari mulut dan gigi. “Menjaga kesehatan mulut berarti juga menjaga kesehatan seluruh badan, karena mulut adalah pintu masuk segala macam benda asing ke dalam tubuh”.  Beliau  menjelaskan, masalah utama yang menyebabkan sakit gigi umumnya adalah lubang pada gigi. Bila tidak sering dibersihkan, gigi yang berlubang itu sangat mudah dimasuki kuman dan bakteri. Yang menakutkan, kuman yang bersarang pada gigi berlubang itu bisa menembus ke pembuluh darah, dan akhirnya mengumpul di jantung.

Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan, bakteri yang terikut aliran darah bisa memproduksi sejenis enzim yang mempercepat proses pengerasan dinding pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menjadi tidak elastis (aterosklerosis).

“Bakteri juga bisa menempel pada lapisan lemak di pembuluh darah. Akibatnya, plak yang terbentuk menjadi makin tebal. Semua kondisi ini menghambat aliran darah ke jantung. Hal ini berarti penyaluran sumber makanan dan oksigen ke jantung juga tersendat. Jika berlangsung terus, jantung tak akan mampu berfungsi secara baik. Maka terjadilah penyakit jantung yang ditakutkan banyak orang,” ujarnya. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Oleh karena itu, janganlah mengabaikan pesoalan kecil, menggosok gigi sebelum tidur adalah hal sepele yang sering di abaikan, karena apapun yang kita makan masuk ke dalam mulut dan gigi kita, ketika gigi rusak, makan paling enak sekalipun bisa kehilangan kenikmatannya , dan itu hanya akan menghadirkan rasa nyeri di dalam nya. Mulailah kebiasaan ini di keluarga kita dengan memberikan contoh pada anak, karena dengan itu kita telah berusaha menjaga kesehatan anak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.