Mochi Momi Cianjur, Khazanah Kuliner Cianjur, Yang Mulai Menggeliat

0
371

cianjur beritalangitan.com – Mochi merupakan makanan khas dari jepang yang terbuat dari beras ketan pilihan yang ditumbuk sehingga lembut dan lengket, lalu di bentuk bulat-bulat dan diberi rasa, isian dan toping. Mochi memiliki rasa yang khas, yaitu lembut saat pertama kali dimakan dan lama kelamaan menjadi lengket.

Sebenarnya, mochi identik dengan Sukabumi, karena produsen mochi sejak dulu kala adalah Kota Sukabumi, namun ternyata mochi juga terkenal di Cianjur dan menjadi salah satu jenis oleh-oleh khas Cianjur, salah satunya adalah Mochi Momi. milik seorang pengusaha kuliner bernama Yani Nurmayani yang akrab disapa Momi

Ditemui tim beritalangitan.com Momi menuturkan kisahnya memulai usaha ini, Berawal dari tetangga asal Tangerang yang baru ngontrak di dekat rumah, yang kebetulan memiliki saudara yang bekerja di pabrik pembuatan mochi, kemudia beliau coba pasarkan di Cianjur, kebetulan saya pada waktu itu membeli mochi tersebut dan sekaligus membantu beliau untuk memasarkan mochi tersebut hingga seringkali saya ikutkan di pameran-pameran dan bazar-basar yang ada di Cianjur.

Di pertengahan jalan dikarenakan mochi yang dibuat kurang laku pemasarannya akhirnya tetangganya ini memutuskan untuk kembali ke Tangerang dan membuka pabrik mochi sendiri di Tangerang. Momi berfikir sayang kalau di tinggalkan, akhirnya Momi dan beberapa karyawan yang bekas karyawan tetangganya ini melanjutkan produksi mochi di Cianjur.

Yani Nurmayani berhasil membuat olahan mochi ini menjadi oleh-oleh khas Cianjur yang iconic dikenal dengan “Mochi Momi”. Ia mulai membuka usaha kuliner ini sejak tahun 2012.

Dalam perjalanannya banyak sekali tantangan yang dihadapi salah satunya adalah banyaknya penolakan-penolakan yang di alami saat menawarkan mochinya, pernah dimaki-maki pembeli, namum Momi tetap sabar, ramah dan senyum dalam menghadapi itu semua dan gak menyerah untuk memasarkan terus menerus mochinya.

Ada delapan belas varian rasa yang ditawarkan di Mochi Momi ini di antaranya, Oreo, Abon, Chesse Super, Ubi Ungu, Greentea, Wijen Hitam, Pandan, Original, Cokelat, Moca, Susu, Keju, Rainbow dan lain-lain. Gerai Mochi Momi terletak di Perumahan Pesona Cianjur Indah Jl. Raflessia Blok AA No 8. Nagrak, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur.

“Biasanya yang varian Rainbow itu yang paling diminati sama pembeli, apalagi buat oleh-oleh,” jelasnya.

Setiap hari Mochi Momi produksi hingga ratusan box, untuk ukuran yang kecil biasanya produksi hingga 250 box dan yang besar 150 box per hari, namun khusus untuk weekend dan hari-hari besar biasanya produksi dua hingga tiga kali lipat bahkan sampai keteteran dalam produksinya.

Jika mochi Momi tidak habis terjual, dari pada di buang biasanya momi langsung membagikan mochinya ke panti-panti dan anak-anak yatim terdekat, karena momi yakin ketika kita sering berbagi insyaallah Allah yang akan menggantikannya.

Mochi kini tidak hanya menjadi jajanan favorit masyarakat Cianjur saja, Mochi Momi juga memiliki reseller yang sudah tersebar di beberapa kota besar seperti, jakarta, bogor, bandung, solo, bali dan kota-kota lainnya. Belum sampai Cianjur, kalau belum beli Mochi Momi, selogannya.

Selain itu, di Momi Mochi juga menerima anak-anak untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) khusus SMK Pengolahan Pangan se kabupaten Cianjur, disana juga di ajarkan langsung oleh Momi bagaimana cara berwirausaha, cara memasarkan produk, mengolah makanan, marketing dan lain-lain.

Momi selain menjadi owhner Mochi Momi, momi juga aktif di IWPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesai ) dan Wakau UMKM, ia juga menjajakkan produk-produk UMKM lainnya yang mempunyai ciri khas Cianjur seperti manisan, taucho dan makanan ringan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku UMKM yang perlu difasilitasi agar produk mereka juga bisa dikenal luas di pasaran.

Harapan kedepannya semoga seluruh UMKM lebih maju, lebih kuat, saling membantu dalam pemasaran dan terus berinovasi lagi khususnya di Cianjur dan luasnya seluruh Indonesia, harapan untuk momi semoga kedepannya Mochi Momi memiliki gerai/toko yang besar yang sesuai dengan keinginan semua para pelaku usaha.

“Dengan adanya geray Mochi Momi ini bisa membantu memasarkan produk-produk para pelaku UMKM dari ujung Cianjur hingga ujung, tidak konsinyasi dan di bantu terus menerus di penjualannya”, pungkasnya.

tim lipsus beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.