Muhasabah Akhir Tahun Diawali Belajar Hafalan Alquran

0
721

Bandung, 01/01 (Beritalangitan.com) – Muhasabah Harian Republika Perwakilan Jabar di Masjid Pudai, Kota Bandung, Kamis (31/12), berlangsung meriah.

Sekitar 10 ribuan jamaah memadati ruangan masjid berkapasitas 7.000 orang itu untuk mendengarkan tausiyah dari sejumlah umaro dan ulama.

Bahkan, pasca shalat Magrib berjamaah, umat Musilm dan Muslimah dari berbagai penjuru daerah di Provinsi Jabar ini, tak juga beranjak dari dalam ruangan masjid.

Sebab, usai shalat berjamaah itu, jamaah langsung disuguhi edukasi pembelajaran hafalan Alquran. Adalah Ustaz Gugum dari LPPA Darul Quran yang memberikan pembelajaran hafalan Alquran.

Sepanjang 35 menit lebih, jamaah diajari tentang bagimana menghafalkan ayat-ayat suci Alquran. Dalam kesempatan itu Ustaz Gugum langsung membacakan surat Al Fuqan ayat ke-1. Ia pun kemudian meminta para jamaah untuk mengikutinya.

“Dengarkan saya dahulu, lalu ikuti bersama-sama. Ikuti ya sebanyak 15 kali,” ujarnya.

Terdengar suara merdu dan indah lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan jamaah secara bersamaan dengan dibimbing Ustaz Gugum. Bahkan sesekali ustaz membiarkan para jamaah untuk melantukannya sendiri.

Tabarakaladi nadzalal furqana ala abdihi liyakuna lil alamina nadida“.

“Subhanallah, ini akan terasa indah bagi kita semua. Apalagi, sepulang dari muhasabah ini, kita sudah hafal ayat Alquran. Di rumah pun, kita bisa menjadi imam bagi istri dan anak-anak,” ujarnya.

Namun yang terpenting dalam hafalan Alquran ini, kata Ustaz Gugum, adalah niatan kita. Jika niatan ini benar-benar dilaksanakan, katanya, maka Insya Allah, Allah SWT akan membukakan pintu hati kita semua untuk tetap mencintai Alquran. (Ra/Republika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.