Musim Penghujan Menjadi Berkah Bagi Petani Cabai

0
477

Sukabumi, 26/11  (Beritalangitan.com) – Bagi para petani di Kp. Baru Roke Rt.02/02 Desa Perbawati Kecamatan Sukabumi Kab.Sukabumi, walaupun hujan yang terus mengguyur setiap harinya, ini tidak menghentikan “Ajat” (46),untuk terus memelihara tanaman cabainya yang ia geluti sejak tahun 1996.

Ajat yang menggarap lahan seluas 3 hektar milik H. Engkus telah hampir 20 tahun menanam berbagai macam sayuran seperti cabai, tomat, sawi, kol dan bawang. Menurutnya petani itu harus lincah artinya jangan hanya menanam satu komoditas unggulan tapi harus di topang tanaman lain dengan cara tumpang sari.

Ajat yang di bantu rekan kerja nya aip (47), kemed (35) dan tiga orang wanita lainya bekerja setiap hari tanpa kenal lelah mengurus dan merawat tanaman agar hasilnya maksimal, dan untuk mengantisipasi berbagai hama terutama tanaman cabai yang menjadi primadona saat ini menjadi tugas kemed untuk mengeksekusinya, sedangkan para wanita bagian memanen hasilnya.

Harga di kebun untuk cabai mencapai Rp 55.000, tomat Rp 4.500, kol Rp 4.000, dan sampo Rp 2.000. untuk penghasilan Ajat mendapatkan 30 persen dari hasil penjualan yang rata rata setiap panen 3 kwintal untuk tanaman cabai belum lagi komoditas lainnya jadi bisa di rata ratakan penghasilan ajat 3juta untuk sekali panen.

Ayah Dua anak itu kini sangat mengharapkan adanya Investor yang mau membantu dalam memperluas garapan dan lahan untuk menghasilkan cabai yang berkualitas, khususnya di pasar-pasar tradisional sukabumi di karenakan pasokan cabai di pasar sukabumi sangat kurang,selain itu tidak kalah pentingnya juga kita patut bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan nikmat yang banyak sehingga masyarakat di lereng gunung gede tepatnya di kampung Baru Roke dapat menggantungkan hidupnya dengan bertani, pungkas Ajat menutup pembicaraannya. (AC.HN)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.