Muslim Inggris Tolak Vaksin Mengandung Gelatin

0
166

London, beritalangitan.com – Setiap anak sehat yang berusia antara dua dan sepuluh tahun di Inggris akan diberikan vaksin flu bulan depan. Ini sebagai upaya pemerintah untuk melindungi warga Inggris dari penyakit tersebut.

Banyak penduduk Muslim di Inggris dituduh menolak anak-anak mereka untuk mengambil bagian dalam program vaksinasi flu nasional karena menggunakan vaksin tidak halal. Demikian menurut laporan The Telegraph, Ahad (28/07/2019).

Para orang tua Muslim secara khusus prihatin dengan vaksin semprot hidung Fluenz karena mengandung gelatin yang berasal dari babi. Menurut hukum Islam kandungan tersebut haram untuk dikonsumsi.

Shuja Shafi, ketua komite penelitian Dewan Muslim Inggris mengatakan, “Kami telah berkonsultasi dengan para ulama dan ini adalah pandangan mereka (Fluenz haram) kami membutuhkan vaksin lain yang halal.”

Dewan menunjukkan bahwa semprotan Fluenz hanya akan diizinkan jika tidak ada alternatif dan nyawa anak-anak dalam bahaya.

Shafi sebelumnya telah memanggil petugas medis tahun lalu untuk menemukan “solusi jangka panjang” terkait masalah tersebut.

Mary Ramsay, kepala imunisasi di Public Health England (PBE), mengatakan bahwa prioritas utama PBE adalah “memastikan bahwa vaksin aman dan efektif”.

“PHE mendorong orang tua untuk mencari informasi terkait agama atau pemimpin komunitas mereka untuk menginformasikan keputusan tentang hal itu,” tambahnya.

Saat ini, ada semprotan bebas-gelatin babi tetapi hanya ditawarkan untuk anak-anak berisiko tinggi. Vaksin alternatif disebut “kurang efektif” dalam mengurangi penyebaran flu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.