Negara-Negara Dengan Hukuman Mati Terbanyak di Dunia

0
1248

Beritalangitan.com, 8/1 – Mengkritik keras eksekusi mati tokoh agama Syiah, Nimr Baqir Alnimr, pada akhir pekan kemarin, ternyata diam-diam pemerintah Syiah Teheran menduduki posisi kedua di dunia sebagai negara dengan eksekusi hukuman mati terbanyak di dunia.

Negara mana saja dengan hukuman mati terbanyak di dunia di tahun 2014? Berikut penelusuran tim redaksi untuk anda;

Cina

Dengan jumlah penduduk mencapai angka 1,3 miliar lebih, negara yang terkenal dengan negeri plagiat berbagai barang di dunia ini ternyata menempati urutan pertama dalam urusan hukuman mati.

Tidak ada jumlah pasti yang berhasil di dapat lembaga dunia mengenai berapa sebenarnya jumlah tahanan yang di eksekusi mati sepanjang tahun 2014 kemarin. Akan tetapi diperkirakan ada lebih dari 1.000 telah dieksekusi mati oleh pemerintah Cina.

Iran

Berada di posisi kedua, sepanjang tahun 2014 kemarin Syiah Iran telah mengeksekusi mati sebanyak 743 tahanan, yang kebanyakan dari mereka adalah warga Sunni Iran.

Arab Saudi

Berada di posisi ketiga, jumlah tahanan yang dieksekusi mati Kerajaan Arab Saudi sepanjang tahun 2014 kemarin sebanyak 90 orang, lebih kecil berkali-kali lipat dari apa yang dilakukan oleh pemerintah Syiah Iran.

Adapun pelanggaran yang dijatuhi hukaman mati di negara ini meliputi kasus pemerkosaan, pembunuhan, kemurtadan, perampokan bersenjata, perdagangan narkoba dan kejahatan sihir.

Irak

Menjadi negara tetangga Iran, ternyata negara yang kini dilanda konflik sekterian antara Sunni dengan Syiah telah melakukan eksekusi mati terhadap 61 orang sepanjang tahun 2014.

Perlu diketahui bahwa konflik Irak disebabkan sikap diskriminatif pemerintah Syiah Nouri Al Maliki terhadap warga Sunni, selama menjabat perdana menteri Irak pada antara tahun 2006 hingga tahun 2014.

Amerika Serikat

Negara penganggung HAM dan kebebasan ini justru masuk dalam top 5 negara terbanyak hukuman mati di dunia, dengan jumlah tahanan yang telah di eksekusi mencapai 35 orang ditahun 2014. (zb/eramuslim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.