PBB: Jumlah Kematian Warga Sipil Afghanistan Catat Rekor Baru

0
83

Afghanistan, beritalangitan.com – PBB mengungkapkan dalam kurun enam bulan pertama di tahun 2018, Kematian warga sipil di Afghanistan yang berpuluh tahun dirundung peperangan mencapai rekor tertinggi.

Dilansir BBC Ahad (15/7/2018), selama setengah tahun pertama sekitar 1.692 kematian berhasil dicatat. Kasus kematian itu paling banyak disebabkan oleh serangan militan dan bom bunuh diri.

Laporan itu muncul di saat sedikitnya tujuh orang terbunuh dalam serangan di kantor Kementerian Pembangunan Pedesaan di Kabul.

Angka kematian yang dipublikasikan PBB itu merupakan yang tertinggi sejak organisasi tersebut mulai melakukan pencatatan pada 2009 perihal korban konflik bersenjata di Afghanistan yang dimulai pada 2001.

Laporan yang disusun oleh Unama (United Nations Assistance Mission in Afghanistan) itu menyebutkan angka tersebut mengalami kenaikan 1% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Meskipun demikian, laporan itu juga menyebut bahwa jumlah korban luka turun 5% menjadi 3.430., dan jumlah keseluruhan korban sipil yang tewas dan luka turun 3% menjadi 5.122.

Bulan lalu pasukan keamanan Afghanistan Taliban sepakat untuk melakukan gencatan senjata, yang secara umum dipatuhi oleh kedua pihak kata Unama.

Sumardi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.