Penjelasan Kalapas Kelas IIA Cibinong tentang Tebang Pilih Pembebasan Napi

0
483

beritalangitan.com – Sejumlah Warga Binaan Lapas Kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor, dibebaskan dalam program asimilasi dan integrasi terkait upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Program asimilasi tersebut dinilai tebang pilih karena tidak berlaku untuk Habib Bahar bin Smith yang tetap mendekam di Lapas Kelas IIA Cibinong. Seperti dikutip Antara, sabtu (04/03/20).

“Kalau Habib Bahar belum masuk asimilasi, soalnya belum menjalani setengah masa pidananya,” ujar Kalapas Kelas IIA Cibinong Ardian Nova Christiawan.

Menurut Ardian, program asimilasi yang tertuang dalam Kepmenkumham Nomor: M.HH-19.PK.01.04.04 tahun 2020 itu menyebutkan bahwa asimilasi hanya didapat warga binaan yang sudah menjalani lebih dari setengah masa pidana.

“Mereka itu mendapat asimilasi tetap di rumah. Kalau dia melakukan pelanggaran-pelanggaran bisa ditarik lagi oleh kita kalau melakukan kesalahan. Ada persyaratan juga, tidak boleh keluar juga karena ini kebijakan pemasyarakatan,” jelas Ardian.

Ia menabahkan, sedikitnya ada 80 napi di Lapas Kelas IIA Cibinong yang mendapat program asimilasi.

“Yang dapat asimilasi ini sampai tanggal 7 April nanti, jadi datanya nanti keseluruhan di tanggal 7 April 2020,” tutup Ardian. (Rahmat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.