Perhutani Sukabumi adakan Pembinaan SDM untuk pencapaian target Getah Pinus.

0
150

Sukabumi, beritalangitan.com – Dalam upaya merealisasikan pencapaian target sadapan getah pinus Tahun 2019,  Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi,  menyelenggarakan kegiatan pembinaan Sumber Daya Manusia Bidang Produksi KPH Sukabumi Senin, (04/02/2019) di petak 78 RPH Gonggang Utara BKPH Sagaranten KPH Sukabumi.

Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH) Sukabumi, Agus Yulianto S.Hut.MM. pada kesempatan tersebut menyampaikan “SumberDaya Manusia yang tangguh dan kompeten merupakan modal utama dalam pencapai target Sadapan Getah Pinus “.

Pada Tahun 2018 realisasi getah pinus KPH Sukabumi sebanyak 5584 dan atau 100% dari target yang ditetapkan sebesar 5577 ton.

Pencapaian target tersebut bukan suatu hal mudah tetapi diperlukan kerja keras dari tingkat manajemen sampai tingkat bawah termasuk penyadap.

Tahun 2019 Perhutani ditarget 5577 ton dengan sadapan luas 8550 Ha, Agus Yulianto yakin dan sangat optimis angka tersebut dapat dicapai.

Pencapaian angka tersebut didukung berdasarkan data evaluasi kerja 2018 serta evaluasi potensi Sumber Daya Hutan, disamping sumber daya manusianya yang menjadi modal utama.

KPH Sukabumi memiliki penyadap getah pinus sebanyak 1080 orang yang tersebar di desa sekitar hutan, Penyadap getah pinus berasal dari masyarakat lokal, dan kegiatan sadapan pinus sudah menjadi pekerjaan pokok masyarakat desa sekitar hutan.

Sadapan getah di Perhutani adalah sumber pendapat yang sangat besar. Dua pertiga produksi kebutuhan getah pinus di Divisi Regional Jawa Barat dicukupi oleh KPH Sukabumi.

Dalam kegiatan ini, selain penyampaian arahan dari Manajemen acara diisi juga dengan materi tehnik dan praktek pengolahan getah pinus yang diikuti segenap peserta, serta diskusi seputar pelaksanaan kegiatan sadapan getah pinus.

Rangkaian acara tersebut bertujuan untuk penyegaran petugas agar lebih memahami aturan dan inovasi- inovasi yang perlu dilakukan pada sadapan getah pinus.

Kegiatan ini dipandang sangat penting dalam rangka mendukung pencapaian realisasi sadapan getah pinus Perhutani Sukabumi Tahun 2019.

Pada akhir pengarahannya Agus Yulianto berpesan agar segenap jajaran selalu fokus dan tanggap serta selalu membangun komunikasi dan silaturahmi terutama dengan penyadap getah pinus.

Agus juga meminta agar segenap jajaran tetap semangat dan selalu berdoa kepada Allah agar amanah yang diberikan negara kepada Perhutani selalu diberikan kelancaran dan perlindungan.”pungkasnya.

Reporter : R. Fajar Syam
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.