Perhutani Tebar Ribuan Pohon di Kawasan Wisata Puncak Buluh

0
416

Sukabumi, beritalangitan.com – Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Sukabumi menggelar acara penanaman pohon di kawasan Wisata Puncak Buluh di Petak 112 C1 RPH Hanjuang Selatan, berlokasi di Jalan Mataram, Jampang Kulon, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Selasa, (31/12/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Stakeholder Satuan Kerja, Muspika, Kapolsek, Koramil, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), ABPEDNAS DPC Sukabumi, ABPEDNAS PAC Cimanggu, Forum masyarakat peduli lingkungan Pajampangan, Pramuka SKWB Jampang Kulon, Gemuruh puncak buluh, Jaguar Trail Comunity, Forum pemuda peduli Tegallega, Forum pemuda Cikadaka serta Masyarakat sekitar.

Administratur Perhutani Sukabumi, Agus Yulianto dalam sambutannya menyatakan, kedepan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai acara seremonial semata tetapi kegiatan demikian diharapkan mampu membawa upaya penyadaran kolektif akan pentingnya peran serta semua pihak dalam upaya pelestarian alam.

Dalam pencanangan di kawasan wisata puncak buluh ini KPH Perhutani Sukabumi menyiapkan 5000 bibit pohon dengan jenis bibit Pinus. Namun untuk tahap awal mengawali kegiatan ini perhutani menargetkan 5000 bibit pohon pinus tertanam di wilayah wisata alam puncak buluh, secara simbolis ditandai langsung dengan penanaman pohon pinus bersama.

Sebelumnya pencanangan tahun 2019 dengan luas 2.228, 28 Hektar ini, telah 78% terealisasikan di seluruh wilayah pemangkuan hutan KPH Sukabumi. Dengan jenis bibit yang di tanam yaitu bibit Pinus, Mahoni, Kaliandra, Gamal dan JPP. Sedangkan untuk bibit Jati Plus Perhutani (JPP) sendiri di kirim langsung dari Perhutani Kuningan sebanyak 230.000 pohon.

Agus berharap dalam kegiatan yang bertema
“Hutan Lestari Sebagai Energi Terbarukan” bertujuan untuk terus melestarikan alam sekitar dan bersama-sama untuk terus bersama-sama peduli terhadap alam dan dapat melestarikannya, karena kitalah yang harus melestarikan dan melindungi alam ini. “Pungkas Agus Yulianto selaku Kepala Adm KPH Sukabumi

Reporter : Try Susilo
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.