Permintaan Gula Aren meningkat, Pedagang Banjir Orderan

0
229

beritalangitan.com – Menjelang bulan Ramadhan 1441H permintaan gula aren di Kabupaten Lebak, Banten meningkat.

Yanto, seorang pedagang di Pasar Rangkasbitung, mengaku permintaan gula aren menjelang Rmadhan ini meningkat tiga kali lipat.

“Kami saat ini sudah melayani permintaan tiga ton ke luar daerah, padahal sebelumnya hanya satu ton. Harga gula aren dijual Rp20.000/kg dan jika menjual tiga ton maka bisa menghasilkan Rp60 juta/pekan,” kata Yanto, dilansir dari antara (13/4).

Ditempat lain, Anwar salahsatu pelaku usaha warga Kabupaten Lebak, mengatakan dirinya saat ini membina 1.000 perajin yang tersebar di Kecamatan Sobang, Cibeber dan Muncang, dan mampu memproduksi antara 20-30 ton/bulan.

Produksi gula aren itu dijual ke sejumlah pasar di Kabupaten Lebak juga diekspor ke berbagai negara seperti Australia hingga Belanda. Selama ini, gula aren dari Lebak masuk peringkat terbaik tingkat nasional karena proses produksinya sangat higienis.

“Kami menjamin persediaan gula aren menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri ini memenuhi permintaan pasar, meski terjadi peningkatan,” kata anwar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Dedi Rahmat mengatakan daerah ini menjadi sentra unggulan produksi gula aren di Banten dengan 11.000 unit usaha serta menyerap tenaga kerja 22.000 orang.

“Kita terus mendorong agar Lebak menjadi  klaster perajin gula aren dengan didukung pengembangan peremajaan benih tanaman perkebunan aren sehingga mampu menyumbangkan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya. (Tri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.