PKPU feat BIsNet Berdayakan Potensi Ekonomi Pesantren

0
394

Cianjur beritalangitan.com – setelah terjadi MOU kerjasama antara Bisnet Foundation bersama Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU )Human Initiative beberapa waktu lalu, tercipta sebuah sinergisitas program Yaitu Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren.

Program ini merupakan kelanjutan program Pemberdayaan Masyarakat PKPU yang sudah dijalankan sebelumnya. Dan dengan kerjasama  bersama Bisnet maka sasaran pemberdayaan nya kini adalah pondok pesantren yang memiliki potensi pemberdayaan ekonomi.

Dalam kesempatan kunjungan PKPU bersama team Bisnet pada Rabu 01 maret 2018 di Cianjur ini, terdapat dua titik yang ditargetkan untuk dijadikan sasaran pemberdayaan tersebut.

Yang pertama disambangi adalah kelompok komunitas anak muda yang menamakan diri Santri On the Street (SOS) yang bermarkas di kawasan Pacet Cipanas Cianjur.

Komunitas mantan anak jalanan ini merupakan komunitas anak muda Hijrah yang kini meninggalkan dunia hitam dan malah menekuni dunia syiar. Disamping kajian kajian keagamaan yang gencar dilaksanakan, pemberdayaan potensi ekonomi juga dilakukan komunitas ini dengan mengembangkan usaha di bidang sablon dan percetakan.

Kunjungan selanjutnya dilakukan team kolaborasi di pesantren Miftahul Huda tugu Cianjur. Pondok dengan potensi ekonomi dari sektor perikanan ini memang sebuah kawasan dengan potensi perairan yang cukup memadai.

Kawasan ini merupakan kawasan pemasok benih ikan ke para petani ikan di waduk Jangari. Namun hingga saat ini masih berjalan secara tradisional sehingga nemerlukan sentuhan teknologi perikanan.

Menurut Yano Sugiyano dan Arief yang mewakili PKPU tahapan ini merupakan tahapan hearing dan pendalaman terhadap potensi dan kendala ekonomi disini. Data yang terkumpul nanti akan diolah untuk kemudian dibuat sebuah rumusan solusi yang tepat.

Sedangkan pimpinan Bisnet Foundation Ahmad Husna mengatakan, bahwa Program Kolaborasi ini dalam rangka menjadikan pondok pesantren tak hanya sebagai pusat keilmuan, tetapi pesantren haruslah menjadi pusat pemberdayaan ekonomi yang nantinya akan berperan mengentaskan kesenjangan  ekonomi di tengah masyarakat.

Team beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.