PMII : Dzikir, Fikir dan Amal Shaleh

0
6316

Beritalangitan.com – PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan salahsatu organisasi kemahasiswaan yang notabennya adalah organisasi yang cakupannya tingkat Nasional sesuai dengan namanya “pergerakan mahasiswa Islam Indonesia” tersebar di seluruh wilayah Nusantara dan sampai saat ini mempunyai 420 cabang di seluruh nusantara.

PMII berdiri tanggal 17 April 1960 dengan latar belakang  situasi politik tahun 1960-an yang mengharuskan mahasiswa turut andil dalam mewarnai kehidupan politik di Indonesia. Pendiri PMII dimotori oleh kalangan muda NU, bermula dengan adanya hasrat kuat para mahasiswa NU untuk mendirikan organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlussunnah wal jama’ah (meskipun kemudian hari dengan dicetuskannya perjanjian murnajati 14 juli 1972, PMII menyatakan sikap independen dari lembaga NU).

PMII sendiri berdiri di Garut pada tahun 1962. Setelah kongres pertama PMII tahun 1960, dua tahun kemudian terbentuklah PMII cabang daerah salahsatunya PMII cabang Garut dan di UNIGA (Universitas Garut) PMII berdiri kurang lebih 15 sampai 20 tahun kebelakang.

“setelah kongres pertama tahun 1960 dua tahun kemudian berdirilah PMII cabang Garut, jadi bisa dikatakan PMII garut ini merupakan cabang PMII senior di tataran nasional” kata ketua Komisariat PMII UNIGA sahabat Mubainul Adilah (28/10/2015).

Berdirinya PMII Uniga tidak terlepas dari peran para senior PMII Garut yang juga menjadi tokoh yang berpengaruh di Kabupaten Garut. Dengan tiga motto PMII “Dzikir Fikir Amal Shaleh” diharapkan PMII mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melakukan tidakan yang membangun atau sifanya konstruktif terhadap Negara kesatuan ini.

“ PMII berdiri di Uniga tentunya tidak terlepas dari para pelaku sejarah di Kabupaten Garut, dengan motto PMII yaitu Dzikir Fikir Amal Shaleh yang mana sangat sinergi sekali dengan 3 motto Universitas Garut yaitu iman ilmu dan amal, untuk itu kita sebagai kaum intelektual muda mari kepalkan tangan dan kita buat suatu perubahan untuk Negara ini” tutupnya.

Tangan terkepal dan maju ke muka…. LAWAN !! *

*Ropi – Pondok Pesantren Hudan / KSPP Beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.