Public Expose Puskas BAZNAS 2018

Dalam Pengelolaan Zakat Untuk Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

0
208

Bandung, beritalangitan.com – Pusat Kajian Strategis Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) Bandung menggelar acara tahunan publikasi Puskas BAZNAS dari kajian dan riset yang telah di lakukan sepanjang tahun 2018.

Pagelaran tersebut adalah Public Expose Puskas BAZNAS 2018 dengan tema “Refleksi Pengelolaan Zakat Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” Kegiatan ini di buka dengan Keynote Speech yang di sampaikan oleh Ir. Nana Mintarti, MP (Anggota BAZNAS RI) di Auditorium FPEB Lt. 6 Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Kamis (20/12/2018).

Sekaligus memimpin penandatangan Mock Up hasil riset Puskas BAZNAS 2018, dan penyerahan buku-buku hasil riset Puskas BAZNAS oleh Drs. Irsyadul Halim (anggota BAZNAS RI) kepada wakil rektor ll bidang keuangan sumber daya dan Administrasi Umum UPI Dr. H. Edi Suryadi, M.Si secara simbolis.

Turut hadir dalam peluncuran buku-buku produk Puskas BAZNAS 2018 ini antara lain Direktur Utama BAZNAS Arifin Purwakananta dan Direktur Puskas BAZNAS Dr. Irfan Syauqi Beik.3 Acara di hadiri sekitar 250 orang peserta yang terdiri dari BAZNAS provinsi serta Kabupaten/Kota, akademisi dan peneliti, praktisi dari lembaga zakat, serta awak media.

Ir. Nana Mintari berharap kepada publik juga masyarakat muslim untuk lebih meyakini dan menpercayai pengelolaan zakat yang di lakukan organisasi pengelola zakat, khusus nya BAZNAS, Karena apa yang di lakukan dan telah di kerjakan di ukur melalui kajian-kajian dan riset yang dapat dipertanggung jawabkan.” tandasnya.

Public Expose puskas merupakan Kegiatan Inisiatif Pusat Kajian Strategis BAZNAS, dalam rangka mendiseminasikan hasil riset dan kajian kepada masyarakat lebih luas. Kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi di antara para pegiat atau praktisi dan pemerhati zakat dengan beragam latar belakang profesi.

Acara tersebut di lanjutkan dengan diskusi bertema “Kinerja Pengelolaan Zakat Nasional dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” dengan menghadirkan 4 fanelis. Diantaranya Dr. M Soleh Nurzaman (Wakil Direktur Riset dan Kajian Puskas BAZNAS) yang merupakan outlook zakat 2019.

Sementara Drs Irsyadul Halim (Anggota BAZNAS RI) menyampaikan terkait kebijakan strategis BAZNAS sebagai leading pengelolaan zakat di indonesia kini hingga 2 tahun mendatang. Dua narasumber lainnya memberikan tanggapan atas penyampain hasil Kajian Puskas BAZNAS dan strategi peningkatan peran zakat di masa mendatang yaitu dari perspektif akademis oleh Dr. A. Jajang W. Mahri, MSi (Kepala Prodi Ilmu Keuangan dan Keuangan Islam UPI-Bandung) dan perspektif LAZ (Lembaga Amil Zakat) yaitu oleh Nur Effendi, Direktur Utama Rumah Zakat

Pada sesi ke dua, dengan tak kalah menariknya, terjadi diskusi dengan tema “Special Issues dan pengelolaan Zakat Nasional 2018” Diskusi mengundang para panelis diantaranya. Hasbi Zaenal, PhD (Wakil Direktur Publikasi dan Jaringan Puskas BAZNAS) yang mengulas hasil kajian Had Kifayah atau standart batas kelayakan seseorang atau keluarga,kemudian memaparkan hasil kajian ekonomi bencana.

Dari dua panelis selanjutnya yaitu Arifin Purwakananta (Direktur Utama BAZNAS RI) yang menyampaikan Kebijakan BAZNAS terkait dengan peran institusi zakat pada proses recovery pasca bencana sedangkan Arif Ramdan, LC, MH (Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat) berbagi pengalaman empiris terkait peran BAZNAS Provinsi Jawa Barat dalam proses recovery pasca bencana yang beberapa terjadi di wilayah Jawa Barat.

Reporter : Rian Sagita
Editor : Andriansyah
Redaktur : D. Udas
Email : redaksi@beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.