R3 Cofee Cianjur, Ngopi Sambil Edukasi

0
112

Cianjur, beritalangitan.com – Para pencinta kopi pasti udah tau kalau terdapat berbagai jenis kopi yang dijual di pasaran. Secara umum, biji kopi terbagi menjadi 3 jenis, yakni Robusta, Arabika, dan juga Liberika. D Cianjur Salah satu Cafe yang menjual olahan berbagai jenis kopi adalah Rumah Kopi R3 (R3 Coffee) yang terletak di Gg. Rinjani II No.19, Sayang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur.

R3 Coffee ini berdiri pada tahun 2017 yang diawali sang owner yang pada saat itu bekerja sebagai konsultan kopi, Tugasnya membina para petani kopi yang berada di Sumatra Selatan, hingga akhirnya mencoba untuk menjual kopi kemasan khusus kopi Sumatra.

Seiring waktu di awal tahun 2018 karena banyaknya pemesanan kopi sumatra akhirnya Rani Riani dan suaminya selaku Owner R3 Coffee mulai fokus dalam bisnis ini dan mengembangkan jenis kopi yang lainnya, salah satunya adalah kopi arabika dari cianjur yaitu kopi sarongge dan kopi gunung padang.

Di pertengahan tahun 2018 akhirnya Rani mencoba untuk mengembangkan bisnis kopinya dengan membuka coffee shop yang berada dirumahnya, dengan konsep kekinian dengan memanfaatkan garasi rumahnya menjadi sebuah mini cafe R3 Coffee. Selain tempatnya yang nyaman di R3 Coffee juga sering sekali memberikan edukasi-edukasi kepada pembeli, jadi selain ngopi kita juga jadi tahu apa saja manfaat kopi tersebut.

” Tantangan terberat saat merintis usaha ini adalah tempatnya yang susah di jangkau karena masuk gang, pengunjung yang datang baru beberapa saja, kemudian brand produk yang belum dikenal namun hal itu dapat kita lalui berkat kerjasama tim promosi kami yang terus menerus mempromosikan di berbagai media sosial hingga di awal tahun 2019 akhirnya R3 Coffee banyak dikenal dimasyarakat terutama masyarakat Cianjur, tuturnya”.

Menu dan jenis kopi yang disajikan sangat banyak dan bervariatif, mulai dari kopi arabika, kopi robusta lampung, kopi exelsa sumatra selatan, kopi luak dan kopi lanang, dan untuk yang lainnya ada juga minuman yang kekinian sepwrti Milk shake berbagai varian rasa, taitea, grentea dan lain-lainnya.

Kopi robusta sendiri ada empat proses penyajiannya yaitu ada yang natural, full wash, honey dan wine. Kalau natural itu petik merah dari pohonnya langsung dibersihin di air dan disortir dari yang jelek (ngambang) dibuang lalu di jemur, yang full wash itu pada saat petik merah langsung di bersihkan di fulper dan dikupas kulitnya di air lalu bijinya dijemur hingga kering, sedangkan proses honey itu agak mirip dengan full wash namun lendir-lendinya tidak dibuang tapi langsung dijemur dengan biji kopinya dan untuk yang wine itu hampir sama dengan yang natural namun sebelumnya di permentasi dulu selama satu bulan maksimalnya.

Kopi itu tidak terlepas dari tiga unsur yaitu yang pertama adalah petani kopi itu sendiri yaitu 60% dimulai dari perawatan, pengolahan sampai paska panen hingga terbentuknya biji kopi mentah, yang kedua adalah proses rosting (sangrai) itu 30% menentukan rasa dari kopi tersebut dan yang terakhir adalah barista yaitu 10% karena setiap barista cara penyeduhannya beda-beda tergantung barista tersebut karena yang dimainkan adalah suhu dan kalibrasi alat tersebut.

Sedangkan untuk manfaat kopi asli adalah untuk antioksidan, meningkatkan daya fikir dan konsentrasi, meningkatkan daya imun, menyehatkan jantung, dapat menurunkan gula darah juga dan masih banyak manfaat yang lainnya, dengan catatan kopinya tanpa gula alias kopi saja.

Disisi lainnya, setiap hari jumat khusus untuk kopi tubruk, pengunjung yang ngopi di R3 Coffee cukup bayar semampunya bahkan gratis jika tidak mampu bayar dan hasilnya akan di donasikan ke masjid, yatim dan lain-lainnya, selain itu setiap peringatan hari kopi sedunia tepatnya tanggal 1 Otober R3 Coffee membagikan kopi secara gratis di jalanan pusat kota dengan tujuannya mengedukasi masyarakat agar mau minum kopi asli agar tubuh kita tetap sehat.

“Moto R3 Coffee ada tiga, yaitu kopi asli digiling bukan digunting, kopi enak tidak ada gula diantara kita dan kopi nikmat harus nyampe ke otak”

Harapan kedepannya adalah semoga kopi ini dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat terutama masyarakat cianjur, selain itu semoga masyarakat dapat mengetahui bagaimna cara membuat dan meminum kopi yang dapat menyehatkan,
pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.