Riba Zaman Now, Tambah khasanah keilmuan

0
1020

Sukabumi, beritalangitan.com – Sebuah Kajian terbuka tentang Muamalah di selenggarakan komunitas “Nusantara Bebas Riba (NBR)” dengan bertemakan “Riba Zaman Now”, kegiatan ini di gelar di Masjid Raya Baiturrahim Jalur Lingkar Selatan, Baros, Kota Sukabumi. Minggu, (01/04/2018)

Kecepatan Dunia Informasi terkadang membuat kita berdecak kagum dan terbuai dengan info tersebut. Sadar atau tidak banyak orang mulai terpengaruh kata dan bujuk rayunya.  Dengan adanya Kajian tentang Muamalah Riba Zaman Now ini kita harus dapat mencari celah kebenaranya tanpa adanya sifat menyalahkannya, namun hanya mencari letak dasar kebenaranya itu sendiri.

Hal itu dipaparkan Ustadz Ammi Nur Baits, pada sesi materi. Kajian Riba Zaman Now  kali ini mengajak  untuk berfikir menambah khasanah keilmuan.

Dengan adanya kajian ini diharapkan kita paham mana yang benar dan yang salah. Jadikan memontum ini untuk menguatkan kita.Dan pastikan pula kita selalu mawas diri  dalam menghadapi setiap problematik kehidupan. Dan selu berhati hati dalam menyikapi segala sesuatunya. Paparnya

Ustadz Ammi Nur Baits, selaku pemateri, mengingatkan para jamaah soal kesadaran umat Islam dalam mencari keberkahan dalam rezeki yang mereka dapatkan. Terlebih, salah satu hal yang akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah SWT pada hari kiamat adalah harta.

Menurutnya Riba dalam hutang piutang merupakan riba yang paling jahiliyah,dan riba yang mendapat ancaman perang dari Allah dan rasul-NYA. Semua hutang yg menghasilkan manfaat (apapun bentuknya), statusnya adalah Riba. Dijelaskan secara gamblang disertai contoh-contoh yang mudah dipahami dan memang sering terjadi dalam dunia nyata.

Menurut Teguh salah seorang peserta dalam kajian ini, ia sangat berterimaksih kepada panitia yang telah mengadakan kajian Muamalah tentang Riba Zaman Now ini. Selain menambah keilmuan dan pemahaman tentang bagaimana bermuamalah menurut syariat íslam acara ini juga menambah girah dan yakin untuk reseen dari pekerjaannya di salah satu perbankkan yang telah ia geluti kurang lebih lima tahun ini, ia berharap semoga dapat di berikan keistiqomahan untuk hijrah dari pekerjaannya saat ini.

Di tempat yang sama Fackrudin ketua panitia kajian muamalah Riba Zaman Now ini mengucapkan syukur Alhamdulillah acara yang telah di susun beberapa pekan ke belakang ini telah terealisasi dan berjalan lancar, tentunya ini semua berkat pertolongan dari Allah dan juga rekan-rekan semua yang telah membantu dalam menyukseskan acara ini.

Fackhrudin berharap semoga kajian ini bermanfaat dan menjadikan pelajaran buat kita agar dapat bermuamalah dengan baik tentunya menurut syariat bermuamalah.”tutupnya.

Reporter : R. Fajar Syam
Editor      : Andriansyah
Redaktur : D. Udas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.