RTDM: Membangun Generasi Islami Diawali Dengan Memperbaiki Bacaannya

0
164

cianjur beritalangitan.com – Rumah Tahfidz Daarul Ma’arif (RTDM), Cipanas, Cianjur, selenggarakan pelatihan kitab jazariyyah karya Imam Ibnul Jazari, dengan coachnya ustadz Acep Misbahul Khoir, S.H.I (2/8/2020)

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pembekalan kepada dewan asatidz di RTDM.

Acep mengatakan bahwa sebelum mengajarkan tajwid kepada anak-anak santri, sebaiknya kita mempelajari dulu kaidah tajwid yang benar. Karena jika salah dalam mengajarkan kaidah ilmu bisa jadi berdosa dalam menyampaikannya.

Pada pelatihan kali ini, Acep menyampaikan tentang tumus-rumus pengucapan huruf hijaiyyah menurut Kitab Jazariyyah. Pada dasarnya, ada tiga prinsip dasar dalam pengucapan huruf hijaiyyah. Pertama, sumber bunyi di rahang, baik dibaca tebal maupun tipis. Kedua, sukunkan huruf sebelum melafalkannya secara makhraj dan sifatnya. Dan ketiga, baru mengucapkannya sesuai harakatnya.

“Bacaan (huruf hijaiyyah) dikatakan benar pembacaannya jika memenuhi tiga syarat (juga): makhrajnya harus tepat, sifatnya benar, dan tafkhim-tarqiqnya juga harus jelas.” tutur Acep melengkapi.

Sementara itu Ambu Sani selaku ketua Dewan Asatidz RTDM sangat antusias dengan pelatihan ini, karena hal ini menurutnya dapat meningkatkan kompetensi para asatidz dalam mengajarkan ilmu Al-Qur’an kepada para santri.

“mudah-mudahan pelatihan tahsin (kitab jazariyyah) ini bukan untuk sekali ini aja, mudah-mudahan (kegiatan ini) bisa rutin dilakukan, bisa pekanan, bisa bulanan. Tentu hal ini tergantung dari antusias pesertanya.” pungkas Ambu.
(Sutis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.