Tak ada Sekolah dekat rumahnya, siswi yang punya 700 piala ini terancam putus sekolah

0
262

Jakarta beritalangitan.com — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jakarta yang mengunakan faktor usia sebagai acuan utama lolos seleksi, menyebabkan banyak anak-anak yang baru lulus sekolah tahun ini, kalah saing.

Meski Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyiapkan alternatif PPDB jalur bina RW pada tanggal 4-6 Juli 2020 mendatang, pada kenyataan kebijakan tersebut dianggap oleh sebagian orang tua murid, tak menyelesaikan masalah.

Seperti yang dialami Siwi Purwanti (60), nenek dari Aristawidya Maheswari (15). Siswi yang tinggal di RT 01/09 Rusun Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur ini, terancam putus sekolah. Pasalnya, tak ada satu pun SMAN yang terletak di wilayah tempat tinggalnya.

“Rusun ini ada 5 blok, semua itu jadi 1 RW, namanya RW 09. Tidak ada SMA Negeri di RW 09. Sekolah terdekat adalah SMAN 12 Jakarta, berjarak 500 meter, tapi beda RW,” ucap Siwi Purwanti (60) nenek dari Arista saat ditemui di kediamannya, Kamis (2/7/2020).

Arista yang memiliki segudang penghargaan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini pun, tak bisa mengikuti PPDB jalur Bina RW.

Sebelumnya, Siwi pernah mendaftarkan cucunya mengikuti PPDB jalur prestasi non-akademik, afirmasi KJP, zonasi dan prestasi akademik.

Jalur non-akademik yang ditempuhnya gugur, lantaran segudang prestasi yang dimiliki Arista diraih saat ia masih duduk di bangku SD.

“Kalau jalur prestasi syaratnya penghargaan yang diraih maksimal berjarak 2 tahun saat dia (Arista) mendaftar PPDB. Karena prestasinya pas SD, jadi enggak bisa,” kata Siwi.

Sementara itu, jalur afirmasi KJP, gugur lantaran faktor usia. Banyak pendaftar yang diterima berusia jauh di atas Arista yang berumur 15 tahun 8 bulan 3 hari.



Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Tak Ada Sekolah di Dekat Rumahnya, Siswi SMP yang Punya 700 Piala Ini Terancam Putus Sekolah, Penulis:

Rangga Baskoro
Editor: D.U

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.