Tanggapan Kemenag terhadap sikap MUI yang Tolak Penceramah Bersertifikat

0
95
Kamaruddin Amin (Foto: dok. BNPB)

Beritalangitan.com – Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, menanggapi keputusan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menolak program penceramah bersertifikat. Menurutnya, hal tersebut merupakan soal perbedaan pendapat tetapi punya tujuan yang sama.

“Kami menghargai keputusan MUI. Ini konteksnya hanya perbedaan pendapat saja. Tetapi tujuan kita sebenarnya sama. Orang MUI yang menandatangani penolakan itu orangnya sangat baik, niatnya tulus saya yakin, dan juga untuk kebaikan bangsa dan negara,” kata Kamaruddin seperti dilansir dari Republika, Kamis (17/9).

Sebelumnya diberitakan MUI menolak program penceramah atau dai bersertifikasi Kemenag. Bila Kemenag bersikeras melaksanakan program tersebut, MUI tidak ikut campur dalam program tersebut. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum MUI KH Muhyiddin Junaidi.

“Karena itu (program standarisasi kompetensi dai) domain ormas-ormas Islam,” kata dia.

Dia menyampaikan, MUI khawatir program penceramah bersertifikat Kemenag akan disalahgunakan. MUI juga sudah punya program standardisasi kompetensi dai sejak lama dengan nama yang berbeda. (ad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.