Tingkatkan Kualitas Indukan Koi, Melalui Festival Pembudidaya Ikan Sukabumi 2016

0
585

SUKABUMI, 3/12 (beritalangitan.com) — Untuk meningkatkan kualitas para Pembudidaya ikan Koi Sukabumi, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Ikan Cibaraja Cisaat Kabupaten Sukabumi. Bekerja sama dengan Sukabumi Bersatu Koi Club (SkBC) dan Koperasi Perikanan Air Tawar (KOPERTA) menggelar acara kontes ikan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Desember 2016 yang berlokasi di pasar cibaraja selajambe Kecamatan Cisaat Sukabumi.

img-20161203-wa0012Dengan mengusung tema “Budidaya Gemar Ikan”, Irmansyah Rahwani, ST sebagai ketua KOPERTA sekaligus panitia acara tersebut mengatakan, ajang ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembudidayaan koi yang sempat tertinggal. Sebab, Sukabumi merupakan salah satu wadah yang cukup potensial dalam pembudidayaan koi dan dinilai mampu memenuhi kebutuhan ikan hias asal negara Jepang tersebut.

“Sebetulnya Sukabumi sempat menjadi salah satu potensi koi terbaik. Namun, karena ada beberapa hal kita menjadi kalah saing dengan kota lain. Untuk itu, dengan kontes ini mudah-mudahan bisa menjadi awal untuk meningkatkan kualitas Koi di Sukabumi, apalagi nanti kita juga akan mengadakan lelang koi yang bisa memberikan indukan Koi terbaik khususnya untuk budidaya di Sukabumi,” jelasnya.

Untuk memeriahkan kontes koi nanti, pihaknya juga akan menggelar sejumlah acara lainnya. Seperti lomba masak yang bertemakan “Masyarakat Gemar Makan Ikan”, kontes ikan koi yang langsung di ikuti dari berbagai daerah diantaranya Surabaya, Malang, Cibubur dan beberapa kota lain, lomba jalan santai dan perlomabaan mewarnai anak PAUD dengan tema ‘mewarnai Ikan.

Menurut Ani (40) salah satu peserta lomba masak, acara tersebut sangat bermanfaat, bagi dirinya dan masyarakat di lingkungan Kabupaten Sukabumi. Karena kebanyakan masyarakat saat ini sudah jarang mengkonsumsi ikan, dengan adanya acara ini mungkin dapat menjadi sosialisai agar masyarakat gemar makan ikan,selain itu masyarakat akan mengenal berbagai jenis ikan.

“Intinya festival ini selain untuk meningkatkan persahabatan atau persaudaraan antar pembudidaya ikan di Sukabumi, juga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memelihara dan gemar makan ikan. Termasuk juga sebagai ajang unjuk kebolehan ikan-ikan koi hasil dari pembudidaya dalam rangka mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan terakhir membantu meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional dalam mendongkrak ekonomi Indonesia,”kata irman. (An).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.