“Tiktuk Gaul” Jajan VIRAL Khas Cianjur

1
276

Cianjur, beritalangitan.com – Berawal dari keresahan para guru-guru paud honorer, sehingga membuat Lina Herlina seorang ibu dengan dua orang anak yang juga selaku pengelola sebuah Paud, memiliki ide untuk membangun usaha kecil-kecilan yang khusus membuat makanan ringan dan jajanan bagi anak anak.

Di tahun 2010 Lina Herlina memulai bisnis ini dengan guru-guru paud yang lain dengan modal swadaya, akhirnya tercipta sebuah produk makanan ringan yang dinamai “Tiktuk Gaul”. Berjalannya waktu Tiktuk Gaul semakin di kenal dan banyak yang mengemarinya hingga saat ini, penjualan berlokasi di Jl. Moch Ali, Ciranjang, Kec. Ciranjang, Kabupaten Cianjur

“Alhamdulillah Tiktuk Gaul bisa masuk ke pasaran dengan mudah dan cepat, toko pertama yang menerima saat itu adalah Toserba Selamat Cianjur, jadi kita pasok semua produk ke Toserba Selamat” Ujar Lina.

Di tahun 2015 akhirnya Lina Herlina masuk menjadi anggota UMKM, dengan tujuan agar dapat mengembangkan usaha Tiktuk Gaulnya, dan juga membantu semua anggota UMKM yang ingin produknya di promosikan. Akhirnya ditahun yang sama ibu Lina membuat akun online (facebook dan instagram) shop yang bernama Refana Shop, menjual semua barang-barang dari para pelaku UMKM se Cianjur.

Disaat pandemi ini produksi sangat menurun drastis, karyawanpun kita hanya memiliki dua orang saja, dikarenakan produksi hanya enam kilo saja tiap harinya, jelasnya.

Selain berbisnis di makan ringan, Lina juga membuka kedai kuliner yang dinamai ” Dapur Echa “, bisnis ini baru berjalan tiga bulan saja, namun untuk pemesanan sungguh diluar dugaan peminatnya. Menunya ada nasi tutug oncom ayam, nasi putih dan ayam geprek sambal ijo, mie gorowok dan jajanan yang lainnya.

Lina Herlina selain menjadi Owner Tiktuk Gaul, Ia juga aktif di komunitas UMKM Cianjur dan Ciranjang dan menjabat sebagai tim marketing di UMKM dan IPEMI (ikatan pengusaha muslim indonesia). Sedangkan nama Refana Shop itu saya ambil dari nama anak saya dan saya yaitu Rehan, Fami dan Lina, pungkasnya.

Tri Susilo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.