UKM AL-QOLAM “Membumikan fastabiqul khairot lewat tulisan”

0
789

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) yang kami kunjungi selanjutnya adalah UKM Al – Qolam merupakan UKM yang bergerak dibidang kepenulisan islami, baik penulisan fiksi maupun non fiksi yang bernuansa islami. Sejarah singkatnya UKM Al – Qolam adalah Berawal dari sebuah hobi yang sama yaitu menulis dari para alumni binder ( bina kader ) Tutorial UPI angkatan 12 yang hobi menulis ini membentuk sebuah komunitas menulis Al – Qolam yang dideklarasikan pada 24 maret 2011,  kegaiatan awal komunitas Al – Qolam adalah diskusi kepenulisan setiap selasa selepas ashar dan menerbitkan buletin. Kemudian seiring perjalanan waktu komunitas Al – Qolam ini menjelma menjadi sebuah organisasi resmi universitas atau UKM tepatnya di bulan Juni 2012.

Terbilang UKM Al-Qolam memang masih baru, tetapi UKM ini memiliki keunikan tersendiri yaitu bergerak dalam kepenulisan islami dan merupakan UKM yang pertama dan baru satu – satunya di Indonesia yang bergerak dalam bidang kepenulisan islami .

   sep

Asep Syahbudi, Ketua Umum UKM Al – Qolam 2015

Pada tanggal 16 april 2015 kemarin, team liputan kampus beritalangitan.com berkunjung ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) untuk menemui pengurus  dari UKM Al-Qolam yaitu Asep Syahbudi, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro 2012 yang sekarang menjabat sebagai ketua umum UKM Al – Qolam periode 2015, kami diantar untuk menemui Kang Asep Syahbudi oleh M Ginanjar Eka Arly yang kami sapa akrab Kang Agi, Kang Agi merupakan ketua umum UKM Al – Qolam periode 2014, yang sekarang menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi UKM Al – Qolam UPI. Kami disambut dengan ramah oleh mereka dan mengajak team berbincang di serambi Mesjid Al-Furqon UPI.

agi

M Ginanjar Eka Arli, Ketua majelis pertimbangan organisasi

Awal perbincangan kami tentang UKM Al – qolam adalah dengan menanyakan tentang makna dari nama UKM Al – Qolam itu sendiri, kemudian Kang Asep menjelaskan bahwa nama UKM Al-Qolam ini terinpirasi dari nama  surat dalam Al – Quran yaitu surat Al-Qolam, serta dari ayat yang pertamanya yang berbunyi Nun, wal qolami wa maa yasturuun, yang artinya nun, demi pena dan apa yang mereka tulis.  di ayat ini tuhan bersumpah atas nama pena, pasti sumpah Allah atas nama pena itu ada makna yang penting  didalamnya, begitu tutur kang Asep.

Kang Asep Syahbudi menyampaikan Sekarang ini Al – Qolam memiliki anggota pengurus 55 orang pada periode 2015 dan secara hitungan kasarnya kurang lebih ada 125 anggota dari angkatan pertama sampai sekarang.

Kang Agi Dan Kang Asep juga menjelaskan ketika kami menanyakan program – program yang berjalan di UKM al – qolam ini. “ Program – program yang Selain kegiatan rutin yang sudah berjalan dari awal al – qolam ini dibentuk seperti diskusi kepenulisan dan penerbitan buletin, juga sekarang ada program lain yang tidak kalah bagusnya diantaranya program Nunduk Baca Buku. Bentuk kegiatannya dari program nunduk baca buku adalah kegiatan membaca bersama – sama dan hasil yang dibaca tadi didiskusikan bersama – sama juga, tujuan dari program nunduk baca buku ini adalah menyediakan waktu khusus untuk anggota Al – Qolam untuk membaca. Program Al – Qolam lainya adalah bedah karya dari karya anggota Al – Qolam yang sudah masuk. kemudian yang tidak kalah menarik dari program Al – Qolam lainnya adalah program temu penulis, anggota Al – Qolam bertemu dengan penulis – penulis yang telah jadi yang berada disekitar Bandung, dan ada juga program besar Al – Qolam yang menghadirkan penulis – penulis ternama tanah air dalam acara Al – Qolam Writivation Festival (AWF). Penulis ternama tanah air yang pernah didatangkan dalam acara AWF ini diantaranya adalah Habiburrahman El Shirazy ( Kang Abik ) dan Gol A Gong ”.

avvv

Pemenang Lomba Cerpen Dan Esai Al-Qolam Writivation Festival

Banyak karya yang telah dilahirkan oleh UKM Al – Qolam ini, kurang lebih ada 10 buku hasil karya anggota Al – Qolam yang diterbitkan sendiri. Ada juga salah satu karya anggota Al – qolam yang pernah diterbitkan oleh salah satu penerbit ternama di kota Bandung yaitu karya dari Windi Nugraha Fadillah dengan nama pena Fadil Ibnu Ahmad dengan judul buku “Dakwah Online, Meraup Pahala di Dunia Maya”. Dan Dari hasil kegiatan festival Al – qolam Writivation Festival yang sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali, Karya dari para pemenangnya akan dibukukan dan peluncurannya akan dilaksanakan dalam bulan April 2015.

kontradiksi

Beralih kepertanyaan yang lain yang menyangkut dunia kepenulisan islam, Menurut Kang Agi ketika ditanya tentang perkembangan dunia kepenulisan islam di indonesia menurutnya dengan pemanjaan teknologi sekarang media menulis itu luas tidak hanya buku tapi juga bisa masuk ke media sosial dan media – media lainnya. Untuk kepenulisan islam itu sendiri sekarang sudah banyak bermunculan website – website, dan  media – media islam lainnya. Namun secara global budaya membaca dan menulis kita masih kurang . Maka dari itu Al-Qolam hadir untuk menjadi sumber inspirasi bagi semua agar giat menulis untuk kebaikan, sesuai dengan visi dari UKM Al – Qolam ‘membumikan  fastabiqul khoirat lewat tulisan’.

Selanjutnya, Sebagai harapan dari ketua umum UKM Al-Qolam periode 2015 ini, Kang Asep berharap bahwa sistem dari UKM Al – Qolam ini berjalan dengan baik dan stabil dalam organisasi dan sistemnya, lebih banyak lagi pengurus yang aktif, semakin meningkatnya kualitas pengurus, dan UKM Al – Qolam ini semakin luas berdakwahnya serta Al – Qolam ini dapat mengumpulkan orang – orang yang ingin menulis agar lebih terarah sesuai visi Al – Qolam membumikan fastabiqul khoirat lewat tulisan. ( team beritalangitan.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.