Wapres JK Sebut Indonesia akan Membantu Rohingya

0
527

Muslimin Rohingya shalat Maghrib berjamaah dengan sejumlah warga Aceh di mushalla pengungsian Kuala Langsa, Aceh. (2015)

NUSA DUA BALI, 7/12 (beritalangitan.com) – Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) memastikan bahwa Indonesia akan membantu menyelesaikan tragedi kemanusiaan yang menimpa Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

“Indonesia tentu ingin mencari solusi yang baik, walaupun itu urusan domestik Myanmar. Indonesia memberikan saran dan masukan untuk perbaikan, juga membantu mencari solusi bagi Myanmar,” ujar Wapres JK di Nusa Dua, Bali, Selasa (06/12/2016) dikutip Antara.

Wapres juga berbicara terkait diplomasi yang dilakukan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang datang ke Myanmar atas undangan Pemimpin Defacto Aung San Suu Kyi, Selasa.

Kehadiran Menlu Retno katanya merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia ikut membantu menyelesaikan konflik di Rakhine secara damai.

Selain itu, Wapres juga menyampaikan bahwa Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Rakhine untuk menolong para pengungsi Rohingya.

“Termasuk memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia akan membantu sehingga apa yang dikhawatirkan itu tidak terjadi,” kata Wapres.

Konflik di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, yang sebenarnya berlangsung sejak lama, semakin meningkat lagi belakangan ini sejak awal November 2016.

Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) melaporkan bahwa ada sekira 10.000 pengungsi Rohingya terdampar di Bangladesh pada 30 November 2016.* (Hidayatullah.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.