Waroeng Botram Cianjur, Cita Rasa Kuliner Sunda dipadu Cita Rasa Nuansa Klasik

0
114

Cianjur, beritalangitan.com – Waroeng Botram Cianjur berdiri sejak tahun 2015, rumah makan ini memiliki keunikan yaitu dengan konsep rumah jadul, terletak di pusat kota Cianjur tepatnya di Jl. Masjid Agung No.126, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211

Awalnya rumah ini rumah peninggalan orang tua saya, karena sayang sudah tidak di tempati akhirnya saya merubah dari rumah tinggal menjadi rumah makan dengan tidak merubah apapun bentuk rumahnya hanya saja konsep dan aksesoris yang digunakan serba jadul, ujar Deny Fajar selaku owner Waroeng Botram Cianjur.

Amanat dari orang tua saya yaitu “tempat ini jangan di rubah biarkan apa adanya” di tambah seni dengan beberapa barang – barang antik peninggalan orang tua saya dan membangun joglo di belakang rumah dan di depan rumah dengan sitem pembangunan knokdown agar lebih simpel.

“Yang paling sulit dalam membangun rumah makan ini adalah ketika kita harus membangun jiwanya karena hal inilah yang paling sulit, kaitannya dengan jiwa dan seni. Untuk mencari aksesorispun cukup sulit dan harus pas sesuai dengan konsep yang disuguhkan,

Waroeng Botram merupakan salah satu pionir untuk resto cafe yang ada di Cianjur, ketika awal buka pun sangat direspon baik oleh masyarakat Cianjur apalagi konsep jadul yang disuguhkan sangat unik dan menarik.

Nama Waroeng Botram ini didapat tanpa sengaja di tujuh tahun yang lalu ketika saya keliling cianjur, setiap mau bulan puasa itu biasanya “hayu urang botram” istilah itu di ambil dari istilah bahasa sunda (Botram = makan ramai-ramai/ makan bareng) sama halnya dengan istilah “ngaliwet”, jadi filosofi tempat ini adalah tempat untuk makan bareng-bareng/ramai-rama bersama keluarga, saudara, temen-temen, rekan kerja, tempat nongkrong juga dan lain-lainnya.

Selain itu juga memang saya sentuh sisi tradisionalnya juga untuk mengangkat citra positif kesundaan dan melestarikan kearifan lokal, selain itu di tempat ini juga menyediakan menu yang istimewa ada sop iga, sop buntut, nasi liwet, nasi bakul, tulang jambal, tutug oncom dan lain-lain.

Di sisi lain, Waroeng Botram juga memiliki program sosial seperti berbagi bersama veteran Cianjur, veteran tersebut di undang untuk makan-makan di Waroeng Botram, selian itu ada anak yatim juga dan pengajian namun saat pandemi ini kita dibatasi, sebelum pandemi setiap bulan pasti ada kegiatan sosial disini.

“Harapan kedepannya semoga Waroeng Botram bisa terus exist dan berkembang, bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar khususnya di Cianjur dan semoga pandemi ini segera berakhir, pungkasnya”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.