5 Jari konsep ideal sebuah Negara

0
1439
Oleh : Riza Fauzal Huda*

Beritalangitan.com – Masyarakat mana yang tak ingin negaranya subur makmur, semua manusia dari kalangan apapun tetap memimpikan negara tempat tinggalnya berada dalam kedamaian dan kesejahteraan. Dalam Alquran negara tersebut dikategorikan sebagai “baldatun thoyyibatun warobbun ghofur”.

Dalam ayat itu dikatakan negara idaman secara global nya ialah negara yang penghuninya beriman dan bertakwa. Namun proses menjadikan penduduk yang beriman dan bertakwa banyak sekali penafsirannya.

Tanpa disadari anggota tubuh yang selalu menemani kita dalam kehidupan sehari haripun menafsirkan konsep ideal sebuah negara. Dialah tangan kesatuan yang kokoh dalam satu tangan adalah kerjasama antara lima jari. Kelima jari inilah yang menjadi tamsilan dalam membangun negara yang makmur.

1. Ibu jari, ibarat seorang umaro atau pemimpin yang adil dan bijaksana

2. Telunjuk, ibarat seorang ulama yang penuh dengan hikmah dan tutur kata

3. Jari tengah, ibarat aghniya yang dermawan kepada kaum dhuafa

4. Jari manis, ibarat Pemuda yang menjadi tumpuan dan Harapan Bangsa

5. Kelingking, ibarat pemudi sebagai pendamping yang selalu taat dan setia

Ilustrasinya adalah ketika sebuah negara dipimpin oleh pemimpin yang adil dan bijaksana, berdampingan dengan para ulama yang membimbing dalam agama, ditopang oleh Agnia dalam kekayaan dan harta, dibantu oleh tenaga Pemuda yang terus berkarya, didampingi para wanita Sholihah yang menjadi perhiasan dunia, maka terciptalah kemakmuran masyarakat dan jadilah negara idaman seluruh bangsa.

*Riza Fauzal Huda adalah KSPP beritalangitan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.